Ilustrasi masker
Ilustrasi masker ( Bill Roque )

Hati-hati, Begini Jadinya Jika Menggunakan Masker Yang Kotor

25 September 2020 07:59 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini, masker adalah salah satu benda yang paling penting untuk kita gunakan jika mau keluar rumah.

Masker memang dinilai mampu menghambat penyebaran dan penularan virus dari satu orang ke orang lainnya.

Maka dari itu, masker yang kita gunakan haruslah bersih agar bisa menangkal virus masuk ke tubuh kita.

Nah, taukah kamu jika menggunkan masker yang tidak higienis alia kotor, maka akan berdampak pada kesehatan ?

Jika kamu meninggalkan masker di dalam mobil, kemudian memakainya berulang kali, ada risiko besar menderita sakit tenggorokan.

Selain timbulnya jerawat di dagu, beberapa orang diketahui menderita sakit tenggorokan setelah memakai masker untuk jangka waktu yang lebih lama dan tidak mencucinya.

Dijelaskan oleh Dokter pengobatan keluarga Neha Vyas, MD, mengapa sakit tenggorokan terjadi dan bagaimana masker kotor yang penuh kuman dan beberapa variabel lain yang dapat menyebabkannya.

Apa penyebab sakit tenggorokan dan apakah orang-orang tertentu lebih sering mengalaminya?

Dikatakan Vyas, jika sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh virus, bakteri, atau penyebab iritasi lingkungan.

Bisa juga disebabkan oleh ketegangan vokal (terlalu banyak menggunakan suara), udara kering, atau kondisi yang disebut refluks gastroesofageal, atau Gerd.

Jadi, siapa pun bisa mengalami sakit tenggorokan, tetapi orang dengan sistem kekebalan yang lemah, penderita alergi dan mereka yang pekerjaannya menggunakan suara keras mungkin sangat rentan terhadapnya.

Mengapa kita bisa sakit tenggorokan setelah memakai masker dalam waktu lama?

Kembali dikatan Vyas, bahwa pemakai masker sering kali membuat orang harus berbicara lebih keras agar bisa didengar orang lain.

Nah, ini terkadang menjadi menyebabkan ketegangan vokal.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm