Ilustrasi pempek Palembang.
Ilustrasi pempek Palembang. ( SHUTTERSTOCK/SATAB GNANA)

Cara Membuat Pempek Nasi, Olahan Dari Nasi Sisa Lengkap Dengan Cuko

26 September 2020 11:13 WIB

SonoraBangka.id - Pempek khas Palembang yang khas itu ternyata bisa juga jadi variasi olahan nasi sisa. Kamu bisa coba mengolahnya jadi sajian pempek nasi yang unik. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan sisa di rumah, tanpa perlu menggunakan daging ikan dan cara membuatnya pun mudah. Berikut resep pempek nasi yang renyah di luar dan lembut di dalam lengkap dengan kuah cukonya.

Bahan pempek nasi

  • 1 piring nasi sisa 1 buah telur
  • 1 gelas air
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula
  • 250 gram tepung sagu

Bahan kuah cuko pempek

  • 250 gram gula merah
  • 1 ons cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • Asam jawa secukupnya
  • 00 ml air

Cara membuat pempek nasi

  1. Haluskan semua bahan pempek jadi satu kecuali tepung sagu dengan blender atau food processor. Haluskan secara perlahan, jangan sekaligus.
  2. Setelah halus, tuang ke dalam wadah. Campurkan tepung sagu sambil diaduk perlahan-lahan hingga rata.
  3. Pastikan konsistensi adonan sudah pas, tidak terlalu kalis dan tidak terlalu cair. Ambil sedikit demi sedikit adonan menggunakan dua buah sendok. Cetak seperti mencetak bola-bola bakso.
  4. Panaskan minyak secukupnya pada wajan. Pastikan jumlah minyak cukup banyak untuk merendam bola-bola pempek. Goreng pempek hingga matang, tandanya berwarna kecoklatan.
  5. Untuk membuat kuah cuko, haluskan semua bahan kuah jadi satu. Lalu larutkan dengan air di dalam panci.
  6. Masak kuah hingga mendidih dan semua bahan larut. Saring kuah cuko dan sajikan bersama pempek nasi yang sudah matang.
  7. Jika mau, kamu juga bisa mencampurkan daging ikan yang sudah dihaluskan ke dalam adonan untuk mendapatkan rasa ikan yang khas dari pempek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Pempek Nasi, Solusi Praktis Olahan Nasi Sisa", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/26/101000575/resep-pempek-nasi-solusi-praktis-olahan-nasi-sisa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm