Ilustrasi Ikan Kukus
Ilustrasi Ikan Kukus ( lifestyle.okezone.com/)

Cara Membuat Ikan Kukus Ala Vietnam, Masakan Ikan Yang Sehat

27 September 2020 10:49 WIB

SonoraBangka.id - Sebagai menu masakan ikan yang sehat, bisa coba buat ikan kukus. Teknik masak mengukus dianggap sebagai cara memasak makanan yang sehat. Sebab nutrisi makanan tidak banyak yang keluar selama dimasak dengan cara ini. Kamu tidak usah repot untuk memotong-motong ikannya karena resep ikan kukus ala Vietnam ini menggunakan ikan utuh. Pada resep ditambahkan bumbu aromatik untuk menghilangkan baunya jadi kamu tidak perlu khawatir dengan bau amis ikan kukus. Berikut ini resepnya melansir dari Epicurious.

Resep Ikan Kukus ala Vietnam

Bahan:

  • 1 ekor (500 gr) ikan daging putih utuh, dibersihkan dengan kepala dan ekor utuh
  • Garam dan lada hitam yang baru digiling
  • 5 cm jahe segar, kupas dan iris halus
  • 1/4 cup (62,5 ml) soy sauce atau kecap asin
  • 1 sendok makan arak beras (bisa diganti jus apel untuk yang halal)
  • 1 batang daun bawang, potong halus
  • 4 tangkai daun ketumbar
  • 1/2 cup (125 ml) minyak canola atau minyak goreng

Cara membuat ikan kukus ala Vietnam:

  1. Bilas ikan dengan air dingin dan keringkan air dengan cara tekan tekan dengan tisu kertas. Bumbui ikan bagian luar dan dalam dengan garam dan merica. Letakkan ikan di dalam pinggan tahan panas atau piring stainless steel. Isi setengah bagian jahe di dalam rongga ikan dan sebarkan sisa jahe di atas ikan.
  2. Siapkan panci kukusan yang sudah diisi air. Didihkan airnya dengan api besar.
  3. Letakkan pinggan tahan panas berisi ikan di dalam kukusan, tutup, dan kukus selama kurang lebih delapan menit, sampai ikan lunak.
  4. Sementara ikan dikukus, siapkan dalam mangkuk kecil campuran kecap, arak beras atau jus apel, dan satu sendok makan air, sisihkan.
  5. Saat ikan sudah siap, angkat pinngan dengan hati-hati dari kukusan. Letakkan daun bawang dan daun ketumbar di sepanjang bagian atas ikan. Dalam wajan kecil, panaskan minyak dengan api besar hingga panas tetapi tidak berasap. Angkat minyak dari api dan tuangkan langsung ke atas ikan, daun bawang, dan daun ketumbar untuk memunculkan aroma.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Ikan Kukus ala Vietnam yang Tidak Amis, Makanan Sehat untuk Keluarga", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/27/091200975/resep-ikan-kukus-ala-vietnam-yang-tidak-amis-makanan-sehat-untuk-keluarga.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm