Mengganti ban sepeda motor hendaknya diikuti penggantian pelek agar seimbang. (KompasOtomotif-donny apriliananda)
Mengganti ban sepeda motor hendaknya diikuti penggantian pelek agar seimbang. (KompasOtomotif-donny apriliananda) ( kompas.com)

Mau Ubah Ban Motor Menjadi Ukuran Lebar, Supaya Perhatikan Ini Dahulu

28 September 2020 21:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Masih banyak pengendara motor yang beranggapan bahwa menggunakan ban dengan ukuran yang lebih lebar akan memberikan daya cengkram yang lebih kuat.

Anggapan tersebut memang benar, Tapi menurut Zulpata Zainal dari On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk , ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Faktor ini menentukan efektivitas penggantian ban yang dilakukan pemilik sepeda motor.

1. Pelek

Pertama yang perlu diperhatikan adalah lebar pelek. Zulpata mengatakan, bahwa menggunakan ban yang lebih lebar akan percuma jika masih menggunakan pelek standar.

Tidak sedikit orang yang malas mengganti pelek, karena menurut mereka ukuran yang dipakai masih aman. Padahal bila hasilnya ingin maksimal tentu lebar pelek harus proposional dengan lebar ban.

Menggunakan ban yang lebih lebar pada pelek standar akan membuat permukaan ban tidak menyentuh jalan secara maksimal. Daya cengkram juga jadi berkurang. Tentu hal ini akan menurunkan tingkat keselamatan dan kenyamanan saat di jalan.

2. Selisih ideal

Kedua, hitung selisih yang ideal antara ukuran lebar ban dengan pelek. Misal untuk pelek skutik, punya spesifikasi 1.85 depan dan 2.15 belakang, menggunakan ukuran ban 80/90-14, 90/90-14. Kalau ban belakang ganti yang besar misal 120/70-14, maka pelek harus ganti yang lebar juga, misal 2.75, 3.00 atau 3.50.

"Tetapi, harus dipastikan tidak ada bagian ban yang menyentuh bodi, fender, atau suspensi,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

3. Swing Arm

Bila ukuran ban dan pelek sudah sesuai, selanjutnya penting untuk memperhatikan lebar lengan ayun atau swing arm.

“Agar tidak mentok, bisa juga mengakalinya dengan menggunakan swing arm custom,” kata Zulpata.

4. Rantai

Terakhir, perhatikan jarak bibir terluar ban dengan rantai. Pada skutik biasanya akan bersentuhan dengan shockbreaker. Jangan sampai ban dengan rantai atau shockbreaker bergesekan, karena akan membuat masing-masing tersebut menjadi rusak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perhatikan Ini Dahulu, Sebelum Ubah Ban Motor Ukuran Lebar", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/28/122200015/perhatikan-ini-dahulu-sebelum-ubah-ban-motor-ukuran-lebar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm