ilustrasi bersihkan kaca mobil (Kompas.com/Fathan Radityasani)
ilustrasi bersihkan kaca mobil (Kompas.com/Fathan Radityasani) ( kompas.com)

Cara Mudah Supaya Kaca Mobil Tidak Berjamur di Musim Hujan

28 September 2020 22:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Munculnya jamur atau waterspot pada bagian kaca sering dialami oleh pemilik mobil. Apalagi, di saat musim hujan seperti sekarang ini.

Adanya jamur pada kaca mobil akan membuat visibilitas atau pandangan pengemudi menjadi terganggu. Karena, kalau kaca mobil sudah berjamur, walaupun kondisi hujan kemudian kaca disapu oleh wiper akan tetap ada.

Untuk menghilangkan jamur tersebut, harus menggunakan cairan khusus. Kalau malas melakukannya, bisa dibawa ke salon khusus mobil.

Tapi, tentunya akan lebih baik untuk mencegah daripada harus mengobati. Pencegahannya sangat mudah, yakni dengan cara merawat kaca tersebut dengan benar.

Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha, mengatakan, paling penting harus rajin mencuci kaca dan mengelapnya sampai benar-benar kering.

"Pantangan paling utama, jangan sering atau terlalu lama membiarkan air yang menempel di kaca kering dengan sendirinya. Efeknya, kaca mobil menjadi cepat berjamur atau timbul bercak," ujar Sapta, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sapta menambahkan, setelah kena hujan, bilas dulu menggunakan air bersih. Kemudian, bersihkan dan lap sampai benar-benar kering untuk seluruh permukaan kaca.

Intinya, jangan malas untuk mencuci atau membilas kaca mobil dan mengelapnya hingga kering, untuk mencegah timbulnya jamur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mudah Cegah Kaca Mobil Berjamur di Musim Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/28/120200115/cara-mudah-cegah-kaca-mobil-berjamur-di-musim-hujan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm