Ilustrasi
Ilustrasi ( Image credit: Lauren Volo)

Resep Freid Chicken Klasik Yang Renyah Dan Juicy Dari Amerika Serikat

29 September 2020 11:48 WIB

SonoraBangka.id - Ayam goreng tepung nan krispi atau fried chicken adalah berasal dari Amerika Serikat. Kamu juga bisa membuat resep fried chicken klasik yang renyah dan juicy. Adonan untuk membuat fried chicken ini dibagi menjadi dua. Pertama bahan pencelup dari susu dan telur, kemudian pencelup tepung berbumbu. Potongan ayam yang dipakai bebas pilih mau yang bertulang atau tanpa tulang seperti fillet dada, hasilnya sama-sama enak. Penyajiannya bisa disajikan dengan kentang goreng, perkedel kentang, sup dan nasi. Yuk coba bikin resep fried chicken klasik dari The Spruce Eats ini.

Resep fried chicken klasik:

Bahan:

  • 1 1/2 cup (375 ml) susu (lebih mantap pakai buttermilk)
  • 2 butir telur besar
  • 2 1/2 cup (280 gr) tepung serbaguna
  • 2 sendok makan garam (ditambah tambahan untuk taburan)
  • 2 sendok teh lada hitam
  • 4 pon (1,8 kg) potongan ayam
  • 3 cup (750 ml) minyak sayur

Cara membuat fried chicken klasik:

  1. Campurkan susu dan telur dalam mangkuk. Kocok hingga rata.
  2. Siapkan kantung plastik besar, bisa gunakan plastik zip lock besar atau wadah makan plastik bertutup . Di dalamnya campurkan tepung, dua sendok makan garam, dan merica. Segel dan kocok agar tercampur.
  3. Celupkan potongan ayam ke dalam campuran susu dan telur kemudian angkat dan tiriskan. Sisihkan potongan yang sudah dicelupkan di atas piring sampai selesai tiga atau empat potong.
  4. Kemudian masukkan potongan ayam yang sudah dicelupkan itu ke dalam plastik yang telah diisi dengan tepung. Tutup dan kocok rata untuk melapisi potongan ayam secara menyeluruh.
  5. Angkat ke piring dan ulangi proses yang sama pada sisa potongan ayam.
  6. Ulangi lagi proses ini agar tepung dapat menyelimuti kulit ayam dengan sempurna. 
  7. Panaskan minyak dalam wajan hingga suhu 177 derajat Celcius. Sementara minyak dipanaskan, siapkan piring saji besar yang dilapisi dengan kertas tisu serap minyak.
  8. Goreng ayam, sedikit demi sedikit, selama sekitar 10 menit di setiap sisi, atau sampai berwarna cokelat keemasan dan matang seluruhnya. Saat menggoreng jangan memasukan ayam terlalu banyak dalam sekali goreng, karena ini akan menurunkan suhu minyak secara drastis dan akan memengaruhi kerenyahan ayam.
  9. Angkat ayam yang sudah matang ke atas piring berlapis handuk kertas untuk dikeringkan. Taburi segera dengan garam. Ayam siap disajikan hangat.

Tips: jika kamu menggoreng fried chicken dalam jumlah banyak, cobalah menaruh ayam yang baru digoreng ke oven dengan suhu 90 derajat celcius. Hal ini untuk membaut kulit ayam tetap garing sementara kamu menggoreng ayam lain.  

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Fried Chicken Klasik, Ayam Goreng Renyah dari Amerika Serikat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/28/132436675/resep-fried-chicken-klasik-ayam-goreng-renyah-dari-amerika-serikat?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm