Ilustrasi Bubur
Ilustrasi Bubur ( today.line.me)

Cara Membuat Bubur Nasi, Variasi Sarapan Sederhana Dari Nasi Sisa

1 Oktober 2020 06:06 WIB

SonoraBangka.id Untuk membuat bubur, biasanya kamu perlu memasak beras agak lama dengan banyak air. Namun sebenarnya, ada cara praktis untuk membuat bubur yang sederhana. Kamu bisa memanfaatkan nasi sisa yang tak akan makan waktu lama. Daripada mengolah nasi sisa menjadi sajian yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba membuat bubur dari nasi sisa. Bubur nasi ini juga cocok untuk variasi sarapan sederhana. Hanya perlu menggunakan blender saja atau bisa juga tak pakai blender sama sekali, serta cara membuat bubur nasi  juga terbilang mudah,. Berikut ini resepnya.

Bahan bubur nasi

  • Satu piring nasi sisa
  • 2 siung bawang putih
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat bubur nasi:

  1. Siapkan panci, lalu tuangkan air secukupnya. Panaskan hingga mendidih, lalu masukkan kaldu bubuk secukupnya. Koreksi rasa, pastikan rasa kaldu cukup kuat. Jika sudah mendidih, sisihkan.
  2. Cincang bawang putih, lalu tumis dengan minyak di wajan hingga harum. Jangan gunakan terlalu banyak minyak. Matikan api dan sisihkan.
  3. Siapkan blender, masukkan nasi sisa, tumisan bawang putih, dan air kaldu secukupnya. Tuangkan air kaldu perlahan-lahan agar tidak kebanyakan.
  4. Haluskan nasi secukupnya. Sesuaikan jumlah air kaldu, jika dirasa terlalu kental tuangkan lagi air kaldu perlahan. Jangan sampai terlalu banyak yang malah membuat bubur terlalu encer.
  5. Jika sudah halus, tuangkan bubur nasi ke mangkuk lalu sajikan dengan pelengkap lain sesuai selera.
  6. Jika tak punya blender, kamu juga bisa memasak bubur nasi tersebut di wajan biasa.
  7. Campurkan nasi, tumisan bawang, dan air kaldu di dalam wajan sambil terus diaduk dan dimasak hingga halus. Sajikan selagi panas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bubur Nasi Blender, Olahan Nasi Sisa yang Praktis", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/25/111200075/resep-bubur-nasi-blender-olahan-nasi-sisa-yang-praktis.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm