Ilustrasi sup perut ikan dengan sawi
Ilustrasi sup perut ikan dengan sawi ( Shutterstock/del Monaco)

Sup Perut Ikan dengan Sawi Putih,Rasa Tak Kalah Dari Daging Ikan

1 Oktober 2020 06:45 WIB

SonoraBangka.id - Kamu mungkin sering minta untuk dibersihkan sekalian, ketika membeli ikan di pasar. isi perut ikan biasanya akan ikut dibuang. Namun sebenarnya perut ikan punya rasa yang tak kalah dari daging ikan. Rasanya sama nikmatnya, jika dimasak dengan benar. Olahan ini juga menjadi cara untuk mengurangi sampah makanan. Kamu bisa coba resep Sup Perut Ikan dengan Sawi Putih ala Chef Afifudin dari Hotel Tentrem Yogyakarta berikut ini.

Resep sup perut ikan

Bahan

  • 3 buah bagian perut ikan (jenis apa saja)
  • 1 ekor ayam kampung atau broiler
  • 5 buah jamur hitam/hioko
  • 3 liter air 5 helai daun bawang
  • 1 buah sawi putih
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Bumbu ayam bubuk secukupnya

Cara membuat sup perut ikan

  1. Bersihkan isi perut ikan, lalu kukus selama kira-kira 45 menit. Diamkan.
  2. Rebus air sampai mendidih. Matikan api, lalu masukkan perut ikan dan tutup rapat. Biarkan selama sekitar 45 menit.
  3. Angkat dan cuci sampai bersih. Potong-potong sekitar 3-4 cm. Sisihkan.
  4. Bersihkan ayam dan potong-potong besar menjadi beberapa bagian. Ambil dagingnya saja. rebus sebentar dan tiriskan. Jangan dulu buang tulangnya.
  5. Siapkan wajan, rebus tulang ayam dalam air mendidih selama 1 menit. Tiriskan, lalu cuci dengan air dingin. Buang air rebusan tulang.
  6. Siapkan wajan dengan air mendidih yang baru, rebus kembali tulang. Tambahkan daun bawang dan rebus dengan api kecil selama 1 jam.
  7. Saring menggunakan kain atau saringan lembut dan masukkan ke dalam wadah. Rebus kembali sebentar. Masukkan garam, merica, gula pasir, dan bumbu ayam bubuk. Koreksi rasa. Matikan jika sudah mendidih.
  8. Rebus jamur hioko sebentar, lalu sisihkan.
  9. Siapkan mangkuk tahan panas. Masukkan perut ikan di dalam mangkuk. Tambahkan jamur hioko yang sudah direbus tadi, potong jadi 2.
  10. Potong-potong sawi dengan ukuran tak terlalu kecil. Masukkan juga ke dalam mangkuk.
  11. Tuangkan kuah kaldu ayam yang sudah disaring tadi ke dalam mangkuk. Lalu ambil mangkuk berisi sup ikan, kukus lagi selama 1 jam bersama dengan ikan, sawi, dan jamur.
  12. Angkat mangkuk sup, lalu hidangkan selagi panas

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Buang Isi Perut Ikan, Coba Masak Jadi Sup", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/29/180800775/jangan-buang-isi-perut-ikan-coba-masak-jadi-sup?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm