Ilustrasi
Ilustrasi ( bp-guide.id)

Cara Membuat kopi Vietnam Drip Untuk Morning Coffee Mengawali Hari

1 Oktober 2020 08:12 WIB

SonoraBangka.id - Sesuai dengan namanya, kopi Vietnam drip berasal dari tetesan air kopi. Kopi Vietnam drip terbuat dari kopi bubuk Vietnam menggunakan alat bernama Vietnam drip. Kamu bisa membuat kopi Vietnam drip menggunakan kopi bubuk robusta lainnya. Terdapat banyak lubang kecil di bagian bawah Vietnam drip. Untuk ngopi pagi mengawali hari, kamu bisa membuat kopi Vietnam drip ini.  Berikut resep yang dibagikan oleh Tasty.

Resep kopi Vietnam drip

Bahan

  • 1 sdm kopi robusta bubuk
  • 2 sdm susu kental manis (sesuaikan selera)
  • 1 cup air panas (240 ml)

Cara membuat kopi Vietnam drip

  1. Siapkan Vietnam drip dan gelas.
  2. Rebus air sampai mendidih. Sementara itu, tuang susu kental manis ke dalam gelas.
  3. Masukkan kopi bubuk ke Vietnam drip, pasang filternya. Tekan sedikit. Jangan terlalu kencang. Apabila ditekan terlalu kencang, kopi menjadi sangat padat. Sehingga nantinya air kopi turun dalam waktu terlalu lama. Efeknya ekstraksi berlebihan. Sementara kalau tidak ditekan, air akan melewati kopi begitu saja. Proses ekstraksi menjadi kurang.
  4. Letakkan Vietnam drip ke atas gelas. Tuang air panas sampai batas atas Vietnam drip. Biarkan air kopi menetes sampai habis.
  5. Angkat Vietnam drip. Aduk sampai susu larut. Kopi Vietnam drip panas pun siap dinikmati. Kamu bisa sekalian membuat roti tawar panggang ditambah olesan selai buah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kopi Vietnam Drip, Kopi Susu Panas buat Morning Coffee", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/01/070700875/resep-kopi-vietnam-drip-kopi-susu-panas-buat-morning-coffee.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm