Mengerem sepeda motor ada teorinya. (mpm-motor.co.id)
Mengerem sepeda motor ada teorinya. (mpm-motor.co.id) ( kompas.com)

Selain Bahaya, Berikut Ini Adalah 3 Kerugian Jari Tangan Menempel di Tuas Rem Motor

3 Oktober 2020 17:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Kebiasaan buruk pengendara sepeda motor, yaitu suka menempelkan jari tangan pada tuas rem.

Padahal, kebiasaan tersebut justru salah dan bisa berbahaya tidak hanya bagi pengendara itu sendiri tetapi pengguna jalan lainnya.

Masalahnya, bila jari menempel pada tuas rem maka refleks pengendara terhadap objek yang bergerak di depannya akan terlalu cepat.

Bukan tidak mungkin reflek tersebut justru bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan yang tidak pernah disadari oleh pengendara itu sendiri.

Selain berbahaya, ternyata jari “menggandul” di tuas rem juga menyebabkan sejumlah efek buruk terhadap komponen kendaraan roda dua.

Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang, Fachrul Reza, mengatakan, setidaknya ada tiga efek yang akan ditimbulkan jika pengendara terbiasa menempelkan jari pada tuas rem.

“Yang pertama adalah kampas rem akan cepat habis,” ujar Reza kepada Kompas.com, Jumat (2/10/2020).

Hal ini terjadi karena secara tidak sadar kampas akan terus menekan cakram atau pun tromol untuk rem belakang.

Walau tekanan yang terjadi hanya sedikit, tetapi kalau hal ini berlangsung lama bukan tidak mungkin bisa menyebabkan kampas terus tergores dan membuatnya cepat menipis.

“Efek yang kedua adalah membuat piringan cakram atau tromol menjadi gosong (seperti terbakar),” kata Reza.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm