Ilustrasi orang sedang mengambil roti usai dipanggang.
Ilustrasi orang sedang mengambil roti usai dipanggang. ( SHUTTERSTOCK/ROSSHELEN)

5 Alasan Oven Harus Dipanaskan Dahulu Sebelum Memanggang Makanan

5 Oktober 2020 10:45 WIB

SonoraBangka.id - Sebelum digunakan, sejumlah resep mengharuskan oven dipanaskan terlebih dahulu. Hal ini mempunyai tujuan tertentu yang memengaruhi hasil makanan yang dipanggang dan oven itu sendiri. Mulai dari roti dan kue yang membutuhkan paparan panas dengan segera sampai menstabilkan suhu oven. Berikut selengkapnya, alasan kenapa oven harus dipanaskan sebelum memanggang makanan.

1. Beberapa hidangan butuh suhu panas segera

Beberapa hidangan seperti roti dan kue, melansir dari The Guardian membutuhkan paparan panas segera. Tujuannya untuk membuat roti dan kue cepat matang. Hal yang sama juga berlaku untuk daging mentah yang akan dipanggang. Daging yang dipanggang membutuhkan sedikit paparan suhu tinggi untuk memulai karamelisasi dan reaksi maillard cukup banyak. Jadi, daging tidak perlu ditaruh lama dalam oven. Sehingga dapat menghasilkan daging yang matang tetapi tampilan luarnya tidak gosong.

2. Mencegah bahan makanan cepat gosong

Dengan memanaskan oven terlebih dahulu, hasil makanan akan matang dengan cepat dengan warna yang bagus tanpa gosong. Beberapa bahan makanan termasuk mudah terbakar atau gosong. Namun, hal ini dapat dihindari jika oven sudah dipanaskan dahulu.

3. Membuat roti mengembang

Ketika adonan roti difermentasi dengan ragi, akan terbentuk kerangka gluten akibat gas karbon dioksida yang dilepaskan oleh ragi. Suhu panas oven mampu mengembangkan adonan roti. Selama memanggang, panas oven akan memberikan dorongan terakhir kepada ragi untuk membentuk kerangka roti sebelum akhirnya ragi mati.

Faktor vital lainnya dalam memanggang roti adalah uap. Uap dari panas oven dapat menunda pembentukan kerak. Hal ini memungkinkan roti mencapai volume penuhnya dengan menjaga bagian luar tetap lembut dan lentur. Sementara bagian tengah mengembang dan matang. Uap tersebut tidak akan didapatkan dari oven yang dingin. Itulah sebabnya oven harus dipanaskan sebelum memasukkan adonan roti.

4. Hemat waktu dan energi ekstra

Suhu panas tinggi yang didapat sejak oven mulai dipanaskan, mampu menghemat waktu memasak. Panas yang sudah tersedia dapat segera mematangkan makanan. Memanaskan oven juga dapat menghemat energi ekstra, karena kita bisa memanaskan oven sembari mempersiapkan adonan.

5. Menstabilkan suhu oven

Setelah mencapai suhu yang diinginkan, melansir dari Bake Club, oven memerlukan sedikit waktu untuk mencapai ke suhu berikutnya. Sering pula angka suhu yang ditunjukan akan sedikit lebih tinggi atau lebih rendah daripada suhu yang sebenarnya. Semakin lama oven dipanaskan akan semakin kecil fluktuasi suhu. Hal ini akan membuat suhu untuk memanggang lebih stabil dan akurat, sehingga makanan bisa matang sesuai dengan yang diinginkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Oven Wajib Dipanaskan Sebelum Panggang Kue?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/04/195000475/kenapa-oven-wajib-dipanaskan-sebelum-panggang-kue-?page=all#page2.




Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm