Ilustrasi pencinta kopi sedang menikmati espresso di meja bar.
Ilustrasi pencinta kopi sedang menikmati espresso di meja bar. ( SHUTTERSTOCK/KZENON)

Berikut Ini 6 Cara Minum Kopi Espresso Layaknya Orang Italia

5 Oktober 2020 11:19 WIB

SonoraBangka.id - Melansir Business Insider, espresso adalah hasil ekstraksi biji kopi yang diseduh dengan air panas bertekanan tinggi. Waktu yang digunakan untuk menyeduh bubuk kopi sangat singkat. Kecepatan penyeduhan espresso tidak boleh lebih dari 25 detik menurut aturannya. Itu sebabnya minumannya diberi nama espresso yang berarti cepat dalam bahasa Italia. Budaya minum kopi yang begitu kental dimiliki oleh orang Italia. Sehingga mereka sangat serius terhadap konsumsi kopi yang mereka termasuk dalam menikmati espresso. Akan terlihat menarik ketika memperhatikan kebiasaan orang Italia minum segelas espresso. Bagaimana cara minum kopi espresso layaknya orang Italia itu? Mari kita simak.

1. Pesan espresso dengan tepat

Langkah pertama adalah pesan espresso dengan tepat. Orang Italia serius dengan kopi mereka, jadi kamu pun bisa meniru kebiasaan ini. Saat memesan, orang Italia akan memilih espresso single shot atau espresso double shot. Setelah memesan, pelanggan akan langsung membayar kopi ke kasir.

2. Memesan dan menikmati espresso di meja bar

Orang Italia biasanya menikmati kopi di bar, area cepat untuk menyesap espresso. Mereka jarang minum espresso sembari duduk berlama-lama. Setelah membayar kopi, pelanggan menuju ke meja bar untuk memberi kertas berisi pesanan kepada barista. Kemudian pelanggan menunggu dengan cepat espresso yang sedang diracik oleh barista. Para barista hanya akan meracik kopi sesuai pesanan supaya kopi masih segar dan panas.

3. Sabar menunggu espresso

Menjadi kebutuhan orang Italia ketika minum espresso pada pagi hari. Sehingga mereka akan menunggu barista menyiapkan espresso terbaik mereka. Sembari menikmati espresso, kamu dapat sekalian makan pastry maupun mengobrol sejenak dengan pengunjung lain.

4. Pegang cangkir dengan menawan

Dikutip dari Travel and Leisure, cangkir espresso begitu kecil termasuk pegangannya. Orang Italia biasanya cukup menggunakan ujung jari. Mereka tidak melingkarkan jari ke dalam pegangan, karena ukurannya sangat kecil. Gerak tangan orang Italia tersebut terlihat menawan.  

5. Minum dengan cepat

Espresso tidak hanya harus diseduh dengan waktu yang cepat, melainkan harus dinikmati dengan waktu yang cepat pula. Espresso harus diminum ketika masih ada krema yang menandakan bahwa cita rasa kopi masih terjaga. Saat sudah dingin, krema akan menghilang dan cita rasa kopi juga berkurang otomatis. Hal ini pula yang membuat waktu penyeduhan espresso sebaiknya dilakukan saat ada permintaan atas minuman ini saja.

6. Jangan menambahkan susu

Susu akan mengubah rasa khas espresso, jadi jangan tambahkan susu pada espresso.. Penambahan susu juga akan menghasilkan jenis minuman lain bernama espresso macchiato. Nikmati saja pekatnya espresso.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Minum Espresso Layaknya Orang Italia, Minum dengan Cepat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/05/101000075/cara-minum-espresso-layaknya-orang-italia-minum-dengan-cepat?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm