( Ist / Diskominfo Babel)

TP PKK Babel Tingkatkan Program Pemeriksaan IVA Tes dan 1000 HPK Bagi Para Ibu

6 Oktober 2020 11:49 WIB



SonoraBangka.id - Pemeriksaan IVA tes (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan 1000 Hari Pertama Kehidupan, menjadi program yang diperlukan bagi para ibu, calon ibu, dan wanita subur yang sudah memiliki pasangan, selain Pemberian makanan Tambahan bagi balita. Karena manfaat dari IVA tes dapat mencegah dan mendeteksi dini kanker serviks.Hal ini dikatakan wakil Ketua pengerak PKK, Laksmi Damayanti.

IVA tes provinsi bangka belitung ditargetkan dari tahun 2015 sampai tahun 2019 sasarannya diberikan kepada 202.373 wanita usia subur, namun sayangnya baru 38,6 persen saja yang baru terealisasi sebanyak kurang lebih 77.986 pasangan usia subur usia 30 sampai 50 tahun. Sedangkan sebanyak 124.387 pemeriksaan belum dilakukan.

“Realisasi IVA tes kita masih sedikit, jadi apabila ada program untuk ibu-ibu, silahkan lakukan IVA tes untuk pemeriksaan. Karena lebih baik deteksi dini kanker serviks. Dengan mengetahui lebih awal, apabila ada gejala awal dapat segera lakukan pencegahan atau pemulihan,” ujar Laksmi (06/10/20).

Sedangkan untuk Kabupaten Bangka Barat yang ditujukan sasaran IVA tes sebanyak 27.000, dan baru terealisasi sekitar 6.500 orang yang telah melakukan IVA tes.

Sedangkan untuk kegiatan 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK) periode emas sudah dimulai sejak masa kehamilan. Karena itu bagi para calon ibu sangat perlu memenuhi asupan gizi seimbang dan memberikan stimulasi sesuai tahapan tumbuh kembang janin.

Masa 1000 Hari Pertama Kelahiran tersebut memiliki tiga fase, yang terdiri dari 270 hari selama masa kehamilan, satu tahun pertama setelah kelahiran dan masa balita pada tahun kedua kehidupan sang buah hati.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm