Kabag Ops Polres Bateng, AKP Yudha Wicaksono
Kabag Ops Polres Bateng, AKP Yudha Wicaksono ( Bangkapos.com/ Muhammad Rizky)

Amankan Kampanye, Polres Bangka Tengah Siagakan 150 Personil

9 Oktober 2020 13:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Polres Bangka Tengah akan menyiagakan 150 personel untuk mengamankan kegiatan kampanye pasangan calon (paslon) kepala daerah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

Kabag Ops Polres Bateng, AKP Yudha Wicaksono mengungkapkan, personel yang akan bertugas nantinya, akan dibagi menjadi dua zona, yakni zona 1 dan zona 2, yang mana zona 1 merupakan kecamatan Koba, Lubuk Besar, dan Namang.

Sementara zona 2, daerah Simpang Katis, Sungaiselan dan Pangkalanbaru.

Namun, untuk Kecamatan Pangkalanbaru, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Pangkalpinang, dikarenakan Kecamatan Pangkalanbaru tidak masuk di dalam Wilayah Hukum Polres Bateng melainkan Polres Pangkalpinang.

 

"Kami akan meminta bantuan kekuatan sebanyak 60 Personil BKO dari Polres Pangkalpinang untuk melaksanakan pengamanan kegiatan kampanye di Kecamatan Pangkalanbaru," kata AKP Yudha, Jumat (9/10)

Menurutnya, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, kedua tim kampanye, kandidat, dan masyarakat yang akan menghadiri kegiatan kampanye harus berpedoman pada protokol pencegahan Covid-19.

Tentunya dengan cara disiplin menerapkan 3 M, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun, dan menggunakan masker.

Selain itu, ia juga mengimbau agar kedua tim kampanye mengikuti anjuran pemerintah dalam pembatasan jumlah peserta kampanye terbuka yaitu maksimal dihadiri 30 orang.

"Apabila lebih dari 30 orang maka Bawaslu akan memberikan teguran, dan kami sifatnya berkoordinasi karena mereka leading sektornya, pelaksana penyelenggaranya," ujarnya.

AKP Yudha menuturkan bahwa kapasitas pihak kepolisian adalah sebagai pengamanan, sehingga apabila di lapangan terjadi pelanggaran terkait kampanye, maka Bawaslu yang nantinya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Apabila memang terjadi pelanggaran barulah diserahkan ke Gakkumdu, di sana ada unsur kepolisian, kejaksaan, dan Bawaslu," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul 150 Personel Polres Bateng Akan Amankan Kampanye

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm