Ilustrasi
Ilustrasi ( palembang.tribunnews.com)

Perhatikan 4 Hal Berikut, Sebelum Menggunakan Minyak Goreng Bekas

10 Oktober 2020 12:04 WIB

SonoraBangka.id - Minyak goreng biasanya digunakan banyak orang lebih dari satu kali. Namun, ada beberapa masakan yang dapat mempengaruhi aroma dan rasa minyak goreng setelah digoreng. Jika ingin menggunakan minyak goreng sisa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti yang dikutip dari Bon Appetit: 

1. Rencanakan jenis makanan yang akan digoreng

Goreng makanan yang mempunyai rasa serupa dengan minyak sisa gorengan bahan sebelumnya. Contohnya jangan menggoreng donat dengan minyak sisa gorengan ikan lele kemarin.

2. Saring sisa gorengan di minyak dengan saringan

Saring sisa gorengan yang tertinggal dalam miyak sesegera mungkin. Sisa gorengan pada minyak akan terus masak sampai suhu minyak goreng mendingin. Jika sisa gorengan tidak segera disaring maka sisa tersebut akan menjadi gosong. Rasa gosong dari sisa gorengan akan tertinggal di minyak goreng, sehingga nantinya akan mempengaruhi rasa masakan yang memakai minyak sisa ini.

3. Periksa kelayakan minyak

Kamu harus selalu memeriksa kelayakan minyak sebelum menggunakan kembali minyak sisa. Jika aroma minyak sudah berubah tengik, jangan gunakan minyak tersebut karena minyak sudah tidak layak dipakai kembali.

4. Cara buang minyak goreng

Jika minyak sudah tidak layak dipakai kembali kamu bisa membuang minyak goreng. Namun jangan membuang minyak ke dalam saluran cuci piring karena akan menghambat saluran air seperti dilansir dari Taste of Home. Cara membuang minyak bisa kamu lakukan dengan membungkus minyak di wadah yang juga siap untuk dibuang. Kemudian bekukan minyak sebelum dibuang dan buang di tempat sampah yang sudah terisi dengan sampah yang kira-kira dapat menyerap minyak jika plastik minyak bocor.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Gunakan Minyak Goreng Bekas", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/10/081200375/4-hal-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-gunakan-minyak-goreng-bekas?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm