Ilustrasi
Ilustrasi ( cookpad.com)

Resep Lukumades, Donat Versi Yunani Berbentuk Bundar Yang Disiram Madu

11 Oktober 2020 10:53 WIB

SonoraBangka.id - Lukumades atau loukoumades donat versi Yunani. Salah satu ciri khas dari lukumades adalah bentuknya yang bundar seperti bola dan disiram madu sebelum disantap. Donat ini belakangan jadi tren di Indonesia. Banyak orang membuat lukumades selama di rumah. Pada resep aslinya, madu yang digunakan berasal dari derah Yunani. Madu dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh terhadap alergi bagi warga lokal. Cara penyajian tradisional lukumandes biasanya dihidangkan di atas kertas koran atau kertas kuno. Sajian ini makin nikmat disandingkan dengan secangkir kopi kental. Penasaran ingin mencoba lukumandes? Yuk coba buat lukumades dari resep dari The Spruce Eats berikut:

Resep lukumades

Bahan:

  • 1 sendok makan ragi
  • 1 cangkir (250 ml) air hangat (suam-suam kuku untuk ragi)
  • 5 1/2 cangkir (610 gr) tepung terigu serba guna
  • 1 sendok teh garam Air hangat secukupnya
  • 2 cangkir (450 gr) gula
  • 1 cangkir (250 ml) madu
  • 1 gelas air Bubuk kayu manis untuk taburan
  • 1 cangkir (250 ml) minyak (kurang lebih untuk menggoreng)

Cara membuat lukumades:

  1. Larutkan ragi dalam air dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Jika sedikit berbusa di bagian atas air berarti ragi aktif.
  2. Campur rata tepung dan garam dalam mangkuk adonan. Buat lubang di tepung dan tuangkan campuran ragi.
  3. Campurkan tepung dan campuran ragi sambil ditambahkan air hangat perlahan-lahan sampai terbentuk adonan yang lembut dan lengket. Pada proses ini kamu perlu mengandalkan perasaan.  
  4. Tutup adonan dengan lap bersih dan lembab. Biarkan adonan mengembang dua kali lipat.
  5. Sementara menunggu adonan donat mengembang, didihkan gula, madu, dan air. Rebus selama enam menit. Angkat dari api dan biarkan tetap hangat.
  6. Panaskan minyak dalam wajan.
  7. Gunakan sendok makan takar untuk menbentuk bola adonan. Masukkan adonan ke dalam minyak panas.
  8. Saat adonan mulai mengapung dan sudah berwarna keemasan dan mengembang, angkat. Tiriskan lukumades pada wadah beralas kertas untuk menyerap minyak.
  9. Letakkan lukumades di atas piring saji. Terakhir, tuangkan madu ke atas donat panas dan taburi dengan bubuk kayu manis. Kamu juga bisa menambahkan es krim vanilla agar rasanya semakin mantap. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Lukumades, Donat Yunani Siram Madu ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/10/201400075/resep-lukumades-donat-yunani-siram-madu-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm