Ilustrasi
Ilustrasi ( Foto: Shutter Stock)

Jangan Biarkan Kemasan Terbuka, Berikut Cara Tepat Menyimpan Kecap

17 Oktober 2020 11:38 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu bumbu yang bisa tidak disimpan di dalam kulkas adalah kecap manis. Biasanya kecap di pasaran berupa botol atau kemasan plastik isi ulang. Kedunya bisa disimpan di suhu ruang. Melansir Kompas.com, terdapat cara tepat menyimpan kecap supaya lebih awet. Berikut ini selengkapnya.

Jangan biarkan kemasan kecap terbuka

Sebaiknya, kecap dalam bentuk saset dipindah ke botol kalau sudah dibuka. Kalau tidak tersedia botol, pastikan untuk mengikat kecap saset dengan karet atau tali pengikat lain yang cukup aman. Pasalnya kalau dibiarkan terbuka maka kecap manis bisa terkontaminasi dengan udara. Selain itu, hewan-hewan kecil seperti semut juga bisa masuk ke dalam kecap saset.

Simpan di tempat dengan suhu ruang

Kecap manis ini bisa disimpan di tempat dengan suhu ruang sekitar 28-30 derajat celsius. Setelah memindahkan kecap dalam saset ke botol, simpan di dapur rumah saja. Lemari makan atau meja makan. Menurut The Kitchn, kecap merupakan produk fermentasi sehingga punya masa simpan cukup lama sekitar 1 tahun tanpa kulkas. Kecap yang belum dibuka bisa awet 2-3 tahun. Kalau menyimpan kecap terbuka lebih dari satu tahun, barulah letakkan dalam kulkas. Namun, mungkin tekstur kecap akan mengental apabila disimpan dalam kulkas. Mengakibatkan kecap sulit dituang. Namun, hal ini tidak memengaruhi kualitas kecap.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Kecap Manis, Jangan Biarkan Kecap Terbuka", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/15/114150375/cara-simpan-kecap-manis-jangan-biarkan-kecap-terbuka.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm