Ilustrasi mencuci mobil (Purestock)
Ilustrasi mencuci mobil (Purestock) ( kompas.com)

Fakta atau Mitos, Mobil Baru Tak Boleh Langsung Dicuci?

17 Oktober 2020 18:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Masing-masing orang mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda dalam melakukan perawatan mobil, apalagi unit yang baru dibeli di diler.

Ada yang punya kebiasaan kalau setelah membeli roda empat segera mencucinya, baik di tempat pencucian mobil atau dicuci sendiri.

Tetapi masih banyak pula yang percaya bahwa mobil yang baru turun dari diler tidak boleh langsung dicuci karena bisa merusak bodi atau catnya.

Lalu benarkah bahwa mobil baru tidak boleh langsung dicuci? Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, memastikan bahwa anggapan tidak boleh mencuci mobil yang baru turun dari diler hanya sebatas mitos semata.

Menurut Suparna, perlakuan untuk kendaraan baru tidak ada bedanya dengan kendaraan lama yakni dalam hal mencucinya.

Mobil baru tidak boleh dicuci? Itu hanya mitos. Kalau di bengkel Auto2000 semua mobil baru selalu dicuci,” ujar Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Suparna, mencuci mobil ini dilakukan saat mobil berada di stockyard. Tujuannya tidak lain adalah untuk menjaga agar kondisinya (kebersihannya) dan kualitasnya tetap terjaga.

Menurut Suparna, yang dilarang saat mencuci mobil baru, yaitu saat menggunakan sabun yang tidak sesuai seperti menggunakan deterjen.

Hal ini karena cara tersebut bisa merusak bodi maupun cat kendaraan. Tetapi, selama mencucinya menggunakan sabun khusus yang sesuai hal itu tidaklah menjadi masalah.

“Kalau mencucinya menggunakan shampo atau sabun yang sesuai tidak masalah, kecuali kalau pakai deterjen jelas bisa merusak catnya,” ucap Suparna.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm