Ilustrasi
Ilustrasi ( yummy.co.id)

Bisa Buat Lauk Dan Camilan, Berikut Cara Membuat Balado Kering Kentang

18 Oktober 2020 11:11 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu makanan yang awet dan tahan lama untuk dikonsumsi adalah kering kentang. Kering kentang juga bisa dimasak menjadi beberapa varian salah satunya yang populer adalah bumbu balado. Proses.masak balado kering kentang juga sederhana. Selain itu Balado kering kentang dibuat dari beberapa bahan sederhana yang bisa ditemukan di dapur. Berikut resep balado kering kentang dari buku "KERING KENTANG LAUK PRAKTIS TAHAN LAMA" (2013) By Intarina Hardiman yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep Balado Kering Kentang

Bahan:

  • 500 gram kentang, kupas iris tipis-tipis, cuci bersih
  • 3 lembar daun jeruk, iris tipis
  • 2 sdm air asam masak
  • Minyak secukupnya, untuk menggoreng dan menumis

Bumbu halus:

  • 6 buah cabai merah besar
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdm garam
  • 2 sdm gula pasir

Cara membuat balado kering kentang :

  1. Goreng hingga kering kentang yang telah diiris tipis, sisihkan.
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan dua ssendok makan minyak sisa menggoreng kentang. Tumis bersama daun jeruk dan air asam hingga masak, matikan api.
  3. Masukkan kentang, aduk rata dan angkat kemudian siap disajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Kering Kentang Balado, Bisa untuk Camilan atau Lauk Makan Nasi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/15/081100775/resep-kering-kentang-balado-bisa-untuk-camilan-atau-lauk-makan-nasi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm