Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo ( ANTARA FOTO/BIRO PERS/KRIS/HO)

Presiden Jokowi Sambut PM Jepang di Istana Bogor, TNI-Polri Siapkan Pengamanan

20 Oktober 2020 15:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Jepang Suga Yoshihide dan istri Suga Mariko di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10/2020) sore.

Jajaran TNI-Polri pun telah melakukan sejumlah persiapan pengamanan untuk menyambut kedatangan tamu kehormatan asal Negeri Sakura tersebut.

Danrem 061/Suryakencana, Brigjen TNI Agus Subiyanto menuturkan, ada sekitar 1.000 personel gabungan TNI-Polri yang dikerahkan untuk mengamankan kedatangan Yoshihide beserta rombongan ke Istana Bogor.

"Aparat gabungan disebar ke beberapa titik di sekitar Istana Bogor untuk pengamanan," ungkap Agus.

Menurut Agus, persiapan ini dilakukan sesuai dengan prosedur tetap (protap) pengamanan kunjungan tamu negara, yakni pengamanan berlapis baik pada ring satu, ring dua, hingga ring tiga.

"Mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini, maka penyambutan dilakukan secara sederhana," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengungkapkan, kunjungan PM Jepang Suga Yoshihide ke Kota Bogor akan sedikit berbeda mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

"Protokolnya minimalis, tamunya minimalis, pendamping Presiden juga minimalis, jadi tidak banyak. Tidak ada jalan yang ditutup kecuali saat tamu negara lewat saja. Pasti perlu pengamanan ekstra," terang Bima.

Disisi lain, elemen buruh dan mahasiswa berencana kembali melanjutkan demonstrasi menolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja di sekitar Istana Negara, Jakarta.

Aksi unjuk rasa kali ini bertepatan dengan momen satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Ribuan buruh dan mahasiswa diklaim bakal turun ke jalan mendesak Jokowi menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) untuk membatalkan UU Cipta Kerja.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menegaskan, Presiden Jokowi hari ini berkantor di Istana Bogor bukan untuk menghindari demonstran.

Budi menjelaskan, Jokowi memilih berkantor di Bogor karena akan menyambut Perdana Menteri Jepang Suga Yoshihide dan istrinya Suga Mariko.

"Kan nanti mau menyambut tamu kepala negara juga, jadi di Bogor," kata Heru, Selasa siang.

Agenda menyambut PM Jepang itu dijadwalkan berlangsung pukul 15.45 WIB.

Sementara itu, pagi tadi Jokowi memimpin rapat terbatas secara virtual terkait persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Mei dan Juni 2021 mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Sambut PM Jepang di Istana Bogor Sore Nanti, 1.000 Personel Disiagakan"

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm