Soket Charger Honda BeAT 2020 (Dio Dananjaya/Kompas.com)
Soket Charger Honda BeAT 2020 (Dio Dananjaya/Kompas.com) ( kompas.com)

Cas Ponsel di Motor Bisa Berpotensi Membuat Aki Menjadi Tekor?

20 Oktober 2020 21:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Terdapat Fitur power outlet yang biasanya ada di mobil, sekarang sudah merambah ke motor. Fitur ini membuat pengendara bisa mengisi daya handphone miliknya sambil berkendara.

Model power outlet yang ada di motor sama saja dengan yang ada di mobil. Pengendara tinggal sediakan adaptor yang kemudian bisa untuk mencolok kabel USB dan disambungkan ke handphonenya.

Fitur ini sering digunakan oleh pengendara ojek online ( Ojol) untuk mengisi daya handphonenya. Sering terlihat pengendara ojol menempatkan hapenya di speedometer dan kabel charger menyambung ke power outlet di motornya.

Lantas pada saat mengisi daya handphone, apakah power outlet tersebut berpotensi membuat aki motor menjadi tekor?

Endro Sutarno sebagai Technical Division PT Astra Honda Motor,  mengatakan, fitur power outlet di motor tidak akan membuat baterai atau aki soak, tapi ada syaratnya.

“Asalkan pada saat melakukan pengecasan HP, mesin dalam keadaan hidup, baterai motor tidak akan soak,” ucap Endro kepada Kompas.com, Senin (19/10/2020).

Sedangkan bila pengendara memakai fitur ini saat mesin motor mati, aki malah jadi soak. Endro mengatakan, bila mesin mati, arus listriknya murni dari aki saja, baterai tidak mengalami pengisian.

“Jika hal ini dilakukan terus-menerus, arus listrik yang ada di baterai akan habis. Kalau sudah habis arus listrik di aki, tidak bisa dicas, jadi harus ganti yang baru,” kata Endro.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cas Ponsel di Motor Bisa Sebabkan Aki Tekor?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/20/080200015/cas-ponsel-di-motor-bisa-sebabkan-aki-tekor-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm