Iilustrasi scallop atau kerang kampak atau simping.
Iilustrasi scallop atau kerang kampak atau simping. ( Dok. Shutterstock/UliAb)

Berikut Resep Scallop Tumis Sayuran, Cara Mudah Untuk Mengolah Scallop

21 Oktober 2020 10:09 WIB

SonoraBangka.id - Kamu tak usah repot dan ragu memasak scallop. Scallop identik sebagai hidangan mewah, tidak sulit diolah. Sebab scallop bisa memberikan sajian nikmat dengan cukup ditumis dalam waktu sebentar. Chef Benny Kesatria Head chef dari Restoran Billy Ho Bali, menyebutkan tekstur scallop mirip seperti udang yang cepat matang. Jadi, scallop hanya perlu dimasak dalam waktu dua sampai tiga menit.  Jika lebih lama dari itu sari dari scallop akan menyusut sehingga tekstur daging akan menjadi keras.  Berikut resep scallop yang mudah dibuat, dari buku "Koleksi 120 Resep Masakan Ikan & Hasil Laut Lainnya" (2016) karya Yasa Boga yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama:

Resep Scallop Tumis Sayuran

Bahan :

  • 12 buah scallop
  • 300 gram udang jerbung ukuran sedang, kupas, tinggalkan ekornya dan gurat punggungnya
  • 1 sdm bawang putih cincang
  • 1 buah bawang bombai, belah enam atau delapan
  • 1 sdm jahe, potong bentuk korek api
  • 1 buah wortel, gurat, iris tipis
  • 100 gram kapri
  • 150 gram brokoli, lepas kuntum-kuntumnya
  • 2 sdm kecap ikan
  • 1/2 sdt merica bubuk

Cara memasak scallop tumis sayuran:

  1. Tumis bawang putih cincang dengan tiga sendok makan minyak. Angkat dan tiriskan setelah harum dan berubah warna.
  2. Besarkan api, tumis cepat scallop hingga kaku lalu angkat, sisihkan. Dengan sisa minyak, tumis udang sampai berubah warna, angkat dan sisihkan.
  3. Tambahkan satu sdm minyak bila perlu, tumis jahe dan bawang bombai sampai layu. Masukkan brokoli, wortel, kecap ikan, dan merica, aduk cepat dengan api besar.
  4. Beri dua sampai tiga sendok makan air bila perlu. Setelah brokoli dan wortel agak lunak, masukkan semua sisa bahan termasuk scallop dan udang, aduk cepat. Beri bumbu penyedap, dan angkat dari api. Jika dirasa sudah pas sajikan selagi hangat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Cara Masak Scallop yang Mudah, Resep Scallop Tumis Sayuran", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/20/140700875/cara-masak-scallop-yang-mudah-resep-scallop-tumis-sayuran.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm