Ilustrasi
Ilustrasi ( kompasiana.com)

Berikut Ini 3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengolah Sukun

22 Oktober 2020 07:39 WIB

SonoraBangka.id - Buah yang memiliki tekstur seperti singkong empuk jika tingkat kematangannya pas.adalah sukun. Terbilang sederhana, cara memasak sukun tak terlalu rumit. Gatot Susanto selaku Corporate Chef Parador Hotels & Resorts membagikan tips mengolah sukun menjadi keripik dan lauk pauk lainnya. Setidaknya kamu harus perhatikan 3 hal mulai dari memilih sukun sampai menghilangkan getahnya.

1. Pilih sukun yang durinya mekar

Perhatikan duri dan teksturnya , apabila ingin memilih sukun yang sudah matang. Tanda sukun matang terlihat dari kulitnya yang mulai mekar di bagian kulit. “Lalu kalau dipukul dengan pisau itu sudah mulai empuk dan tidak keras, itu sudah matang,” jelasnya. Kandungan air pada sukun yang matang sudah mulai banyak. Maka teksturnya akan empuk, sedangkan sukun mentah teksturnya keras.

2. Memilih tingkat kematangan sukun

Gatot menjelaskan, sukun yang cocok untuk dibuat gorengan atau kripik lebih baik pakai yang matang. Namun bukan yang terlalu matang karena teksturnya terlalu lembek. “Sukun yang dipilih juga yang menjelang matang, sukunnya masih keras tapi warnanya sudah menguning jadi dalamnya sudah tidak putih lagi,” jelas Chef Gatot kepada Kompas.com. Chef Gatot juga menuturkan bahwa sukun yang menjelang matang lalu diolah menjadi kripik, warnanya bisa cantik dan lebih menarik. Kemudian teksturnya lebih lembut dan rasanya lebih gurih. Selain keripik, sukun juga bisa diolah menjadi aneka sayur dengan bumbu yang sederhana. “Kalau sukun muda bisa dimasak menjadi sayur, bisa juga dimasak bumbu balado, atau seperti sayur nangka juga bisa,” jelas Chef Gatot. Baca juga: Resep Sukun Balado, Sajian Mudah dan Murah untuk Santap Siang

3. Cara menghilangkan getah sukun

Sukun memiliki getah , sama seperti nangka, yang harus dihilangkan sebelum dimasak. Sebenarnya getah sukun gampang dihilangkan dengan cara yang sederhana. Gatot menyarankan, rendam sukun bersama air garam selama 10-15 menit. Setelah itu tiriskan dan bisa langsung dimasak. Kamu juga bisa merendam sukun di dalam air dengan bawang putih. Supaya rasanya gurih saat akan digoreng menjadi keripik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Olah Sukun agar Getahnya Hilang dan Matangnya Pas", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/07/162852175/tips-olah-sukun-agar-getahnya-hilang-dan-matangnya-pas.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm