Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Bangka Belitung, sekaligus Pendiri Pondok Pesantren Hidayatussalikin, KH Ahmad Ja’far Siddiq.
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Bangka Belitung, sekaligus Pendiri Pondok Pesantren Hidayatussalikin, KH Ahmad Ja’far Siddiq. ( Bangkapos.com/Yuranda)

Ratusan Santri Ikuti Peringatan Hari Santri Nasional di Ponpes Hidayatussalikin

22 Oktober 2020 14:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebanyak 500 santri lebih mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional 2020 di Pondok Pesantren Hidayatussalikin, Kota Pangkalpinang, Kamis (22/10/2020) pagi.

Hari ini, 22 Oktober 2020, tepat lima tahun sudah Hari Santri Nasional diperingati setiap tahunnya sejak pertama kali ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2015 lalu.

Peringatan Hari Santri Nasional ini didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

 

Selain upacara, juga diadakan kegiatan dzikir, doa, shalawat dan tausiah untuk mendoakan santri, masyarakat Indonesia dan dunia agar diberikan kesehatan serta kekuatan di masa pandemi Covid-19.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Bangka Belitung, sekaligus Pendiri Pondok Pesantren Hidayatussalikin, KH Ahmad Ja’far Siddiq menuturkan, peringatan Hari Santri Nasional tahun ini mengusung tema Santri Sehat, Indonesia Kuat.

Menurut KH Ja'far, tema tersebut dipilih agar memberi motivasi bagi para santri untuk tetap menjaga kesehatannya dan tetap melaksanakan protokol kesehatan, agar pondok pesantren itu benar-benar menjadi tempat yang aman bagi para santri.

"Tema ini diharapkan sebagai motivasi bagi santri, menjaga kesehatan mereka. Karena dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini, kegiatan yang digelar berbeda seperti di tahun-tahun sebelumnya," kata KH Ahmad Ja’far Siddiq, seperti dilansir dari Bangkapos.com, Kamis (22/10/2020)

Ia mengungkapkan, tahun sebelumnya, upacaran Hari Santri Nasional digelar secara besar besaran.

Namun karena adanya pandemi Covid-19, kali ini hanya sebatas internal saja.

Sebab, PWNU dan juga Pengurus Pondok serta santri pondok, mendapatkan intruksi, agar mengadakan upacara peringatan hari santri di pesantren masing-masing.

"Tahun kemarin, kita adakan di depan Kantor Wali Kota Pangkalpinang, sebelum adanya pandemi Covid-19, setelah ada dilakukan di masing-masing persantren," ungkap KH Ahmad Ja’far Siddiq.

Selain upacara, lanjutnya, kegiatan hari ini, memperingati hari santri akan mengadakan sholawat nariah 4444, dan beberapa kegiatan se-nusantara, bahkan nanti malam akan adakan live dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang diadakan se-Indonesia melalui zoom dan YouTube.

Semua rangkaian kegiatan Hari Santri 2020 dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pelaksanaan pun digelar guna menjaga kesehatan santri dan pengasuh ponpes.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul 500 Santri Ikuti Upacara Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren Hidayatussalikin

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm