Luc Besson.
Luc Besson. ( Kompas.com)

Dorong Perfilman Indonesia ke Kancah Internasional, Mola TV Hadirkan Luc Besson untuk Berbagi Kisah

23 Oktober 2020 13:05 WIB

SonoraBangka.ID - Siapa sangka, dari yang awalnya hanya membuat naskah untuk penghilang rasa bosan di sekolah, karyanya kini justru mendunia.

Dia adalah Luc Besson, seorang sutradara asal Perancis yang telah menciptakan beberapa film box office. Dilansir dari imdb.com, Luc berhasil menunjukkan kreativitas dan bakatnya di dunia perfilman sejak usia muda.

Terbukti, ia menulis draf naskah film The Big Blue (1988) dan The Fifth Element (1997) saat masih remaja. Pada usia 18 tahun, ia pun menyadari bahwa film adalah media yang dapat menggabungkan minat dan bakatnya dalam berbagai disiplin seni secara bersamaan.

Atas dasar itu, ia mulai mengambil pekerjaan sambilan di berbagai rumah produksi untuk semakin menajamkan bakatnya. Seiring waktu berjalan, Luc pun berhasil dikenal sebagai salah satu sutradara dan produser asal Perancis yang sukses “mengguncangkan” dunia Hollywood dengan karya-karyanya.

Sebut saja A Monster in Paris (2011), Taken 2 (2012), dan Anna (2019). A Monster in Paris sebenarnya bukan karya Luc langsung. Namun, film ini menunjukkan tangan dingin dan kepiawaian Luc sebagai seorang produser. Luc dapat “mencium” film yang bakal mendapatkan sambutan positif di kalangan moviegoers.

Buktinya, film animasi 3D yang menggabungkan genre fantasi, fiksi sains, petualangan, dan musikal itu mendapatkan skor 87 persen di Rotten Tomatoes.

Hal ini berarti, film A Monster in Paris diberi penilaian bagus di kalangan kritikus film. Kritikus film The Guardian Peter Bradshaw, misalnya, menyebut film tersebut sebagai salah satu film animasi terbaik. A Monster in Paris, imbuh Bradshaw, punya gaya eksentrik khas gabungan antara film Hunchback of Notre Dame dan King Kong.

Selain itu, sejak diluncurkan pada 2011, A Monster in Paris telah menyabet beberapa penghargaan, di antaranya Annie Award (2012) untuk nominasi desain karakter dan dua penghargaan César Awards (2012) untuk nominasi best animated film serta best original music. Selanjutnya, ada film Taken 2.

Pada film ini, Luc berperan sebagai produser sekaligus penulis naskah. Film dengan genre action-thriller ini merupakan salah satu karyanya yang berhasil menjadi box office di Hollywood. Dengan bujet pembuatan senilai 45 juta dollar AS, Taken 2 berhasil meraup keuntungan kotor sebanyak 376,1 juta dollar AS dari seluruh dunia.

Terakhir, ada Anna. Film ber-genre action-thriller ini juga menjadi box office di Hollywood. Pada proses produksi film ini, Luc sendiri yang menjadi sutradara, produser, sekaligus penulis naskah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm