Ilustrasi mobil mogok (SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi mobil mogok (SHUTTERSTOCK) ( kompas.com)

Benarkah Ketika Mobil Transmisi Matik Mogok Tak Boleh Didorong?

23 Oktober 2020 21:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebagian perilaku yang dilakukan pada mobil bertransmisi otomatis (matik) kerap berbeda dengan yang konvensional alias manual. Satu diantaranya terkait tata cara penanganan ketika mogok.

Pada mobil matik, terdapat pompa hidrolik yang akan hanya aktif berkerja untuk menyemburkan oli saat mobil hidup. Artinya, pada saat mobil dalam keadaan mati atau mogok, komponen seperti transmisi tidak akan dilumasi oleh oli.

"Sehingga, bila roda penggerak mobil matik jalan yang mana transmisinya juga otomatis berputar (karena diderek atau ada dorongan), maka bakal mengakibatkan kerusakan," ujar Anjar Rosjadi sebagai Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM)  kepada Kompas.com belum lama ini.

Lanjut Anjar, Walau demikian,  bukan berarti mobil dengan transmisi otomatis benar-benar tidak bisa didorong ketika mogok.

Mobil matik tetap bisa didorong, tetapi harus memperhatikan beberapa hal agar tidak merusak komponen lainnya seperti mengangkat seluruh roda penggerak.

“Tata cara yang benar untuk dorong atau derek mobil matik itu ialah, ban roda penggerak harus terangkat. Towing ke bengkel resmi terdekat,” ucap Anjar.

Di tempat terpisah, Suparna sebagai Kepala Bengkel Auto 2000  mengatakan, ketika mobil matik mogok sebaiknya langsung memanggil teknisi yang ahli. Jika mobil ditowing, maka laporkan kepada teknisi agar dilakukan pengecekan kembali.

“Jangan pernah mendorong mobil matik sekalipun dalam keadaan terpaksa. Karena dengan mendorong mobil matik, komponen-komponen mesin atau transmisi akan mengalami shock sehingga mempercepat kerusakan, terutama pada komponen drive train,” kata Suparna.

Lanjut Suparna, Apalagi, mencoba menghidupkan mesin mobil matik dengan cara didorong layaknya mobil manual. Selain sulit untuk dilakukan, cara tersebut juga akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen transmisi matik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Benar Saat Mobil Transmisi Matik Mogok Tak Boleh Didorong?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/23/120100615/apa-benar-saat-mobil-transmisi-matik-mogok-tak-boleh-didorong-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm