Ilustrasi kaldu sapi.
Ilustrasi kaldu sapi. ( Dok. Shutterstock/Whiteaster)

Agar Tetap Layak Dikonsumsi, Berapa Lama Kaldu Sapi Dapat Disimpan?

24 Oktober 2020 11:20 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu bahan dasar yang banyak digunakan orang untuk membuat makanan menjadi lezat adalah kaldu sapi. Kaldu sapi bisa dibuat sendiri atau dibeli jadi di pasar. Keduanya memiliki masa simpan agar layak konsumsi

Berapa lama kaldu sapi dapat disimpan?

Biasanya, kaldu sapi yang dibeli di toko diberi label tanggal kadaluarsa. Tanggal ini bisa menjadi acuan berapa lama kaldu kemasan dapat disimpan dalam keadaan utuh dengan penyimpanan yang tepat. Melansir 10 Kitchen, berkat bahan pengawet, kaldu sapi cair yang belum dibuka di toko dapat bertahan tiga hingga lima tahun di dapur jika disimpan dengan benar. Setelah dibuka, produk yang tersisa akan bertahan rata-rata selama tiga sampai lima hari. Jika sisa kaldu kemasan dibekukan, kaldu akan tetap enak tanpa batas waktu. Namun, karena alasan kualitas, kaldu harus digunakan dalam dua sampai tiga bulan. Sedangkan kaldu sapi buatan rumah cenderung memiliki umur simpan yang lebih pendek hingga dua sampai tiga hari jika disimpan di  lemari es. Kaldu beku paling baik dikonsumsi dalam dua sampai tiga bulan.

Cara simpan kaldu cair

Penyimpanan kaldu sapi cair yang dibeli di toko, melansir dari Fitibility, caranya mudah dan tidak perlu persiapan. Kaldu atau sekotak kaldu sapi yang belum dibuka dapat dapat disimpan dengan aman pada suhu kamar. Pada titik ini, pendinginan tidak diperlukan. Pastikan untuk menyimpannya di tempat yang kering, sejuk, jauh dari sinar matahari langsung dan panas.

Namun, jika kaldu sudah dibuka, segera masukkan sisa produk ke lemari es. Kaldu berkemasan kalengan, harus dipindahkan ke dalam wadah atau toples kedap udara. Kemudian tutup wadah dengan rapat. Sementara itu untuk kaldu sapi buatan sendiri, penyimpanannya harus diletakkan di dalam kulkas. Pastikan kaldu buatanmu sudah dalam keadaan dingin sebelum dimasukan ke dalam wadah kedap udara dan menyimpannya di kulkas.

Kaldu buatan sendiri juga akan lebih awet jika dibekukan di dalam freezer. Cara membekukan kaldu sapi, kamu bisa menggunakan cetakan es batu. Saat membeku, pindahkan kaldu beku ke dalam wadah yang aman untuk freezer atau kantong freezer. Ukuran es batu membuatnya lebih mudah untuk dicairkan saat kamu hanya membutuhkan sedikit kaldu untuk memasak. Cara yang lebih sederhana, kamu bisa membekukan kaldu dengan cepat ke dalam wadah bertutup yang aman untuk freezer. Ketika memasukan kaldu kedalam wadah jangan sampai penuh karena kaldu akan mengembang saat beku.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Lama Kaldu Sapi Tahan Disimpan?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/23/091200375/berapa-lama-kaldu-sapi-tahan-disimpan?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm