Ilustrasi
Ilustrasi ( Shuterstock)

Hati-Hati, Ternyata Perut Buncit Bisa Picu Risiko Kematian Yang Tinggi

24 Oktober 2020 17:02 WIB

SonoraBangka.id - Perut buncit adalah mimpi buruk semua orang. Selain tidak sehat, perut buncit juga mengurangi penampilan.

Perut buncit dikenal sebagai obesitas sentral yang disebabkan oleh penumpukan lemak berlebihan pada bagian perut.

Setiap peningkatan 10 centimeter lemak perut meningkatkan risiko kematian sebesar delapan persen untuk wanita dan 12 persen untuk pria.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, lemak perut memicu risiko kematian dini yang lebih tinggi.

Bahkan, dibandingkan dengan yang memiliki pinggul atau paha lebih besar, seseorang dengan perut besar cenderung berisiko tinggi terhadap kematian.

Karena, lemak perut adalah tanda kalau organ-organ di dalam tubuh juga memiliki jumlah lemak yang lebih tinggi.

Lemak pada organ disebut juga lemak visceral yang pada dasarnya tidak terlihat, tetapi menumpuk di sekitar organ, seperti hati, pankreas, dan usus.

Nah, sinilah letak bahaya sebenarnya. Lemak visceral memengaruhi hormon dengan mengeluarkan protein yang menyebabkan peningkatan resistensi terhadap insulin.

Resistensi insulin meningkatkan risiko diabetes tipe II, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kolesterol berlebih, beberapa jenis kanker, dan penyakit alzheimer.

Cara yang baik untuk mengetahui apakah lemak perut kita berada dalam zona bahaya adalah dengan mengukur lingkar perut menggunakan pita pengukur, demikian menurut CNN Health.

Ukuran apa pun di atas  89 centimeter untuk wanita dan 102 centimeter untuk pria dianggap berpotensi menimbulkan risiko gangguan kesehatan yang lebih tinggi.

Untuk itu, segeralah mengubah pola hidup yang sehat dengan menghindari makanan yang berlemak, dan rutin berolahraga, jika kita memiliki jumlah lemak perut yang tidak sehat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspadai, Perut Buncit Picu Risiko Kematian yang Tinggi", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/23/214127520/waspadai-perut-buncit-picu-risiko-kematian-yang-tinggi.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm