Ilustrasi
Ilustrasi ( Instagram/linakuw)

Cara Membuat Sambal Tempe Kukus Sebagai Pendamping Nasi Hangat

25 Oktober 2020 11:46 WIB

SonoraBangka.id - Beragam sajian termasuk sambal tempe kukus bisa diolah dari tempe. Pakailah cabai sesuai dengan selera, tidak perlu terlalu pedas pun bisa. Kamu dapat menyantap sambal tempe kukus sebagai pendamping makan nasi hangat. Bisa pula menjadi santapan di pagi hari. Lebih enak lagi ditambah telur dadar. Yuk cobain membuat sambal tempe kukus sesuai resep berikut.

Resep sambal tempe kukus

Bahan

  • 2 papan tempe ukuran sedang
  • 10 siung bawang putih
  • 6-8 buah bawang merah
  • 15 biji cabai merah (atau sesuaikan selera)
  • Garam secukupnya
  • Daun jeruk (opsional)

Cara membuat sambal tempe kukus

  1. Kukus tempe selama lebih kurang 20-30 menit sampai empuk. Cek saja pakai garpu, kalau mudah ditusuk berarti bisa diangkat.
  2. Letakkan bawang putih, bawang merah, cabai, dan daun jeruk di dalam wadah stainless steel. Kukus bumbu bersama dengan tempe. Kalau panci tidak cukup, kukus terpisah.
  3. Siapkan cobek dan ulekan. Masukkan bawang merah, ulek sampai hancur. Tambahkan bawang putih, cabai, daun jeruk, dan garam. Ulek semua sampai tercampur rata. Tidak harus sampai halus sekali.
  4. Masukkan tempe kukus, penyet perlahan. Kalau sudah pipih, ulek sampai tercampur bumbu.  Ambil solet plastik, lakukan gerakan seperti melipat adonan. Lipat tempe dan bumbu, pastikan semua bahan tercampur. Sambal tempe kukus pun siap disajikan bersama nasi hangat dan telur dadar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Sambal Tempe Kukus, Kreasi Sambal Tanpa Minyak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/23/080800675/resep-sambal-tempe-kukus-kreasi-sambal-tanpa-minyak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm