Ilustrasi berkendara saat hujan (astramotor.co.id)
Ilustrasi berkendara saat hujan (astramotor.co.id) ( kompas.com)

Perilaku Menoleh Ketika Ingin Belok Masih Dilupakan Pengendara

26 Oktober 2020 21:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Masih Banyak pengguna jalan yang sekadar bisa mengendarai sepeda motor, tapi kerap melupakan pengguna jalan lain. Padahal, mengendarai motor di Indonesia bisa dibilang merupakan aktivitas yang menantang.

Tidak jarang ditemui kejadian pemotor yang ingin belok, tapi tidak menoleh ke kiri atau kanan terlebih dahulu, menyalakan lampu sein pun tidak. Perilaku ini bisa jadi menyebalkan, apalagi bila terlibat kontak dengan mereka di mulut gang.

Sony Susmana sebagai Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, pengendara motor yang jarang menoleh saat manuver adalah pengendara yang tidak paham keselamatan berkendara.

“Tabrakan bisa saja terjadi salah satunya karena adanya pengendara yang tidak paham rambu-rambu dalam bermanuver,” kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (25/10/2020).

Selain itu, pengendara model ini tidak menghormati pengguna jalan lain. Bermanuver artinya mengambil jalan atau jalur orang lain, sehingga harus melihat, menyalakan lampu sein dan melakukan manuver saat sudah diberi kesempatan.

“Pengendara yang tidak menoleh saat manuver hanya mengandalkan hard skill. Padahal soft skill atau perilaku saat berkendara juga penting,” ucap Sony.

Selain itu, bila tidak menoleh saat ingin manuver, masih ada titik buta atau blind spot yang tidak terlihat. Sehingga akan rawan tersenggol dengan pengguna jalan lain bila tidak menoleh sebelum melakukan manuver.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebiasaan Menoleh Saat Ingin Belok Masih Dilupakan Pengendara", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/26/110200315/kebiasaan-menoleh-saat-ingin-belok-masih-dilupakan-pengendara.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm