Ilustrasi baso aci.
Ilustrasi baso aci. ( (Dok. Shutterstock/SebeningPelangi))

Berikut Ini Cara Membuat Baso Aci, Kudapan Yang Kini Banyak Dicari

28 Oktober 2020 11:57 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu kudapan yang kini  banyak dicari  orang adalah baso aci. Terlebih saat cuaca serung hujan dan suhu yang dingin. Menurut Chef Aguk Prasetio dari Hotel Santika Cirebon, baso aci hanya membutuhkan tepung kanji, tepung terigu, dan bumbu yang mudah ditemui di dapur. Baso aci mudah dibuat di rumah, bahannya juga murah. Berikut resep baso aci dari Chef Aguk yang  dihubungi Kompas.com. Resep ini juga cocok untuk jualan. 

Resep baso aci

Bahan baso:

  • 450 - 500 gram tepung kanji
  • 250 gram tepung terigu
  • Bawang putih yang sudah dihaluskan secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap secukupnya 

Bahan kuah kaldu:

  • Tulang sapi secukupnya 
  • Bawang putih dan merah secukupnya
  • Wortel secukupnya
  • Seledri secukupnya

Cara membuat baso aci:

  1. Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan tepung kanji dan tepung terigu. 
  2. Tambahkan air panas, diaduk hingga tepung, bumbu, dan air tercampur rata. Ulen sampai adonan menjadi kalis lalu bentuk bulat-bulat.
  3. Masak kuah kaldu, Chef Aguk menyarankan menggunakan tulang sapi karena kuah bakso umunya menggunakan kaldu sapi
  4. Rebus tulang sapi. Kemudian tumis bawang putih, bawang merah. Masukkan ke kuah kaldu. Tambahkan wortel dan ketika sudah mau matang masukkan seledri.  
  5. Baso aci siap disajikan, bisa diberi tambahan kulit pangsit goreng atau pilus agar lebih nikmat.  

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Baso Aci untuk Jualan atau Camilan di Rumah Saat Hujan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/27/124429475/resep-baso-aci-untuk-jualan-atau-camilan-di-rumah-saat-hujan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm