Ilustrasi parkir mobil basement (aceh.tribunnews.com)
Ilustrasi parkir mobil basement (aceh.tribunnews.com) ( kompas.com)

Ini Yang Terjadi Bila Parkir Dengan Memasukkan Gigi pada Mobil Manual

29 Oktober 2020 18:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Kebiasaan memasukkan gigi pada mobil transmisi manual saat sedang parkir merupakan hal yang sering dilakukan Beberapa orang. Mereka sebenarnya tidak tahu apakah aman untuk melakukan hal tersebut.

Sony Susmana sebagai Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, parkir memang harus di alas yang rata, bukan di turunan atau tanjakan dan tidak paralel dengan tujuan mobil tidak bergerak dan cukup memfungsikan rem tangan.

“Tapi kadang space yang minim dan kebiasaan dari pengemudi parkir di area yang kurang layak, diasumsikanlah adanya pengaman ekstra dengan memasukkan gigi satu atau mundur jika parkir di tanjakan atau turunan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (28/10/2020).

Memasukkan gigi saat parkir sebenarnya tidak disarankan, lantaran ada kencenderungan kendaraan lompat ketika mesin dinyalakan, membuat rawan menabrak. Apalagi parkir di turunan atau tanjakan kendaraan lebih rawan bergerak di luar kendali.

Sony mengatakan, bahaya dari parkir dengan memasukkan gigi lebih kepada gigi yang rusak. Begitu juga yang dikatakan Suparna dari Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak. Suparna mengatakan, komponen gigi motor dan flywheel bisa jadi korbannya.

“Kalau lupa menetralkan atau injak kopling saat mau menyalakan mesin, akan merusak gigi motor dan gigi flywheel. Saat starter mesin gigi transmisi dalam posisi masuk, gigi motor starter bisa rompal karena menahan beban berlebih,” ucap Suparna kepada Kompas.com.

Ada juga bahaya lainnya, misalnya saat terjadi eror dimana kendaraan bisa starter sendiri (ada kerusakan di wiring). Maka kendaraan yang gigi transmisinya masuk, akan berjalan tanpa ada yang mengendalikan.

“Berbeda kasusnya jika parkir dalam posisi gigi netral. Walaupun menyala sendiri, kendaraan akan tetap diam karena posisi giginya netral,” kata Suparna.

Jadi untuk mobil manual, bila parkir lebih aman transmisinya dalam posisi netral, kemudian gunakan rem tangan. Bila rem tangan sudah melemah, bisa dibantu dengan mengganjal roda kendaraan, bukan memasukkan gigi transmisi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bahaya Parkir Dengan Memasukkan Gigi pada Mobil Manual", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/29/112200215/bahaya-parkir-dengan-memasukkan-gigi-pada-mobil-manual.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm