Bangunan yang ambruk akibat gempa magnitudo 7 di Izmir, Turki, pada Jumat (30/10/2020). Pusat gempa berada di Laut Aegean dengan kedalaman 16,5 kilometer.
Bangunan yang ambruk akibat gempa magnitudo 7 di Izmir, Turki, pada Jumat (30/10/2020). Pusat gempa berada di Laut Aegean dengan kedalaman 16,5 kilometer. ( DHA via AP)

Turki Diguncang Gempa Bumi, KBRI Sebut Tak Ada WNI Yang Jadi Korban

31 Oktober 2020 08:46 WIB

SONORABANGKA.IDGempa bumi bermagnitudo 7 mengguncang pantai Turki pada Jumat (30/10/2020) kemarin. Akibat gempa tersebut sedikitnya empat orang tewas dan 120 lainnya luka-luka.

Sementara itu, beberapa bangunan dan jalan rusak, serta empat korban luka ringan dilaporkan di Pulau Samos, Yunani, sebagaimana diberitakan Associated Press.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara, Turki, menyatakan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam gempa bumi di wilayah Aegean, Turki, Jumat (30/10/2020) itu.

"Sejauh ini tidak diperoleh laporan mengenai adanya WNI yang terkena dampak langsung gempa tersebut," ungkap Koordinator Perlindungan WNI KBRI Ankara, Harliyanto, dalam siaran pers, Sabtu.

KBRI Ankara terus berkoordinasi dengan otoritas setempat, Satgas Perlindungan WNI di Turki yang berada di wilayah Aegean serta simpul-simpul masyarakat Indonesia di wilayah terdampak.

Sejumlah kota yang terdampak dari gempa bermagnitudo 7 itu antara lain Izmir, Usak, Denizli, Manisa, Balikesir, Aydin dan Mugla.

Berdasarkan data KBRI Ankara, terdapat sekitar 98 WNI yang tinggal di Izmir dan daerah sekitarnya yang terdampak.

Sebagian besar WNI tersebut berprofesi sebagai pekerja spa dan mahasiswa.

Secara keseluruhan, erdapat sekitar 5.000 WNI yang tinggal di Turki, sebagian besar adalah mahasiswa (2.700) dan pekerja spa (1.500).

Gempa bumi bermagnitudo 7 mengguncang pantai Turki dan pulau Samos di Yunani pada Jumat kemarin menewaskan sedikitnya empat orang dan 120 lainnya luka-luka.

Sementara itu beberapa bangunan dan jalan rusak, serta empat korban luka ringan dilaporkan di pulau Samos Yunani sebagaimana diwartakan Associated Press.

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca berkicau di Twitter, bahwa selain 4 orang yang tewas dan 120 lainnya luka-luka, 38 ambulans, 2 helikopter ambulans, dan 35 staf medis sudah dikerahkan ke Izmir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa di Turki, KBRI Sebut Tak Ada WNI Jadi Korban"

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm