Luwa Hakla siap disajikan.
Luwa Hakla siap disajikan. ( KOMPAS.com/IGNASIUS SARA)

Berikut Resep Luwa Hakla, Makanan Khas Sumba Barat Berbahan Singkong

31 Oktober 2020 14:53 WIB

SonoraBangka.id - Aneka jenis makanan tradisional yang lezat dan sedap banyak dimiliki oleh Indonesia. Salah satunya adalah luwa hakla yang merupakan  makanan tradisional dari Sumba Barat yang nikmat untuk disantap. Luwa Hakla merupakan makanan khas masyarakat Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur ( NTT). Makanan tradisional dengan bahan dasar ubi kayu atau singkong itu akan terasa nikmat jika dimakan bersama sambal kepiting. Ada pun bahan sambal tersebut yaitu cabai rawit, kepiting dari Sungai Welibo, dan terung hijau. Luwa hakla bisa digolongkan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Kamu bisa masak sendiri tanpa harus ke Lamboya jika ingin menikmati Luwa Hakla. Pendeta Gereja Kristen Sumba (GKS) Jemaat Bali Loko, Hantian Rambu K. Leba, S.si (Teol), menerangkan resep Luwa Hakla seperti berikut ini:

Resep Luwa Hakla

Bahan:

  • 1 kilogram tepung singkong
  • Kacang tanah yang ditumbuk secukupnya (sesuai selera)
  • Gula secukupnya (sesuai selera)
  • Garam secukupnya
  • 1 buah kelapa yang diparut

Cara membuat Luwa Hakla:

  1. Kupas kulit singkong secukupnya. Singkong tersebut harus dijemur selama lebih kurang satu minggu. Jika sudah kering, tumbuk dan tampi (gerakan naik turun) hingga singkong jadi tepung halus.
  2. Campurkan singkong dengan kacang tanah yang sudah ditumbuk.
  3. Tepung singkong dan kacang tanah tersebut dicampurkan dengan garam, gula, dan kelapa parut. Kemudian dicampurkan dengan air kurang lebih dua gelas.
  4. Kemudian adonan tersebut dikukus di dalam dandang hingga matang dan sajikan.
  5. Hantian menyebutkan jika ingin luwa hakla rasa buah, bisa mencampurkan buah seperti nanas, nangka, atau buah kesukaan. dengan jumlah tergantung selera.

"Buahnya bisa diparut. Kalau tidak diparut, buahnya diserut kecil-kecil. Campur buah pada adonan tepung ubi tentunya," kata Hantian kepada Kompas.com, di lokasi wisata Bukit Damai,


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Bikin Luwa Hakla, Makanan Khas Sumba Barat Berbahan Singkong ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/30/150700075/cara-bikin-luwa-hakla-makanan-khas-sumba-barat-berbahan-singkong-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm