Ilustrasi gula putih dan gula coklat
Ilustrasi gula putih dan gula coklat ( Iasmina Calinciuc)

5 Tips Untuk Mencegah Gula Agar Tidak Menggumpal Selama Disimpan

2 November 2020 11:27 WIB

SonoraBangka.id - Bahan makanan yang termasuk tahan lama disimpan adalah gula. Namun, menyimpan gula dalam waktu lama dapat membuatnya menggumpal adalah keluhan yang seringkali muncul. Kenapa gula bisa menggumpal saat disimpan? Melansir Leaf TV, gula menggumpal dengan cepat apabila terkontaminasi udara. Jadi, gula harus disimpan dalam wadah kedap udara untuk menghindari kelembaban dari luar. Cara ini memperpanjang umur simpan gula sehingga memudahkan penggunaan ke minuman atau resep. Selain menggunakan wadah yang tepat untuk menyimpan gula, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah gula menggumpal selama disimpan, seperti dilansir dari I Chef.

1. Tambahkan sepotong roti ke dalam wadah gula

Roti membantu mengeluarkan kelembaban di dalam wadah. Menambahkan sepotong roti putih atau roti tawar ke dalam wadah gula dapat membantu menyerap kelembaban yang terperangkap di dalam. Pastikan potongan roti diganti secara teratur karena roti ini akan berjamur seiring berjalannya waktu. Simpan juga di tempat yang sejuk dan kering.

2. Tambahkan biskuit

Biskuit adalah penyerap kelembaban yang baik untuk gula di dalam stoples. Tambahkan biskuit ke dasar wadah gula. Biskuit dapat membantu menghilangkan kelembaban dari gula, sehingga mencegah penggumpalan. Namun, satu kekurangannya yaitu biskuit sangat rapuh sehingga harus berhati-hati agar biskuit tidak pecah dan serpihannya tercampur ke dalam gula.

3. Tambahkan beras

Beras dapat membantu menyerap kelembaban. Masukkan satu sendok teh beras ke dalam kasa atau kain, ikat erat dan masukkan ke dasar wadah gula. Pastikan juga untuk menggantinya setiap beberapa bulan. Beras bercampur dengan baik dengan gula serta tidak akan hancur.

4. Tambahkan satu buah jeruk utuh

Kelembaban alami buah membantu melembutkan gula dan mencegah penggumpalan. Tempatkan lemon, jeruk nipis atau jeruk utuh dalam wadah gula.

5. Masukkan irisan apel

Kelembaban alami apel akan membantu melembutkan gula dan mencegahnya menggumpal di dalam wadah. Letakkan sepotong kecil apel segar dengan kulit masih menempel ke dalam stoples berisi gula.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Gula Bisa Menggumpal Saat Disimpan?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/18/140400775/kenapa-gula-bisa-menggumpal-saat-disimpan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm