Ilustrasi daging bebek bagian paha.
Ilustrasi daging bebek bagian paha. ( SHUTTERSTOCK/AS FOOD STUDIO)

Cara Tepat Memilih Daging Bebek Sebelum Memutuskan Untuk Mengolahnya

4 November 2020 10:38 WIB

SonoraBangka.id - Beragam masakan bisa diolah dengan menggunakan bahan utama daging bebek. Sebelum memasak bebek putuskan dulu mau membuat masakan apa. Bebek panggang, rica-rica, atau taliwang misalnya. Sebaiknya ketahui juga cara memilihnya yang tepat sebelum memutuskan untuk mengolah bebek seperti yang dikutip dari buku "Bebek Mania: 17 Resep Bebek Favorit" oleh Tim Dian Rakyat terbitan Dian Rakyat. Pasalnya, umur bebek memengaruhi jenis masakan. Daging bebek muda tepat untuk dipanggang, goreng, atau bakar. Sementara daging bebek tua untuk masakan yang proses memasaknya lama seperti dikukus atau direbus.

Cara memilih daging bebek

Agar dagingnya tidak alot dan keras, sebaiknya pilih bebek yang masih muda. Umur bebek yang cocok untuk masakan sekitar 3 bulan. Perhatikan juga warna kulit daging bebek. Jangan membeli bebek yang kulit atau dagingnya berwarna kebiruan atau kehinjauan. Pilih yang warnanya putih, menunjukkan daging masih segar. Apalagi kalau dagingnya berbau kurang sedap. Kalau membeli bebek beku, pilih yang warna kulitnya tetap baik dan jernih.
Pencek bagian dadanya ketika membeli daging bebek. Hindari membeli bebek yang dadanya kurang berisi. Pilih juga daging bebek yang kakinya lunak dan masih mudah dilipat. Setelah membeli daging bebek, segera masukkan ke dalam freezer kalau tidak segera diolah. Bungkus dulu menggunakan kantung plastik.

Ciri-ciri bebek lokal dan bebek peking

Terdapat bebek lokal dan bebek China atau disebut bebek peking yang biasanya dijual di pasaran. Bebek lokal berumur 3 bulan umumnya punya berat 1-1,2 kilogram tanpa jeroan. Tekstur dagingnya lebih kering dan berlemak, warna kulitnya putih. Selain itu, kaki bebek lokal pendek. Sementara itu, bebek peking umur 3 bulan punya berat 1,5-3 kilogram tanpa jeroan. Dagingnya lebih tebal dan sedikit berlemak. Bebek peking punya kaki lebih panjang, serta warna kulintya putih menguning.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Pilih Daging Bebek yang Tepat untuk Masakan, Perhatikan Kulitnya!", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/03/111100675/cara-pilih-daging-bebek-yang-tepat-untuk-masakan-perhatikan-kulitnya-.
Penulis : Yuharrani Aisyah
Editor : Yuharrani Aisyah

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm