Kabid Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Bangka Belitung, Arifiyanto
Kabid Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Bangka Belitung, Arifiyanto ( Bangkapos.com/ Riki Pratama)

Selain Jadi Sumber Air Baku, Waduk Ekaguna Diharapkan Bisa Atasi Banjir di Pangkalpinang

6 November 2020 09:59 WIB

SONORABANGK.ID - Upaya penyelesaian dokumen lingkungan pembuatan waduk Ekaguna yang ada di Selindung, Kota Pangkalpinang terus dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Kabid Sumber Daya Air, Dinas PUPR Babel, Arifiyanto mengungkapkan, tujuan dikembangkannya waduk ini adalah untuk penyediaan air baku dan pengendalian banjir di wilayah Pangkalpinang dan sekitarnya.

"Dari Provinsi hanya mendukung untuk pembuatan waduk Ekaguna di Selindung, terkait dokumen lingkunganya karena waduk ini sebagai sumber air baku di Kota Pangkalpiang," jelas Arifiyanto dikutip dari Bangkapos.com, Kamis (5/11/2020) di Kantor DPRD Babel.

Ia juga menyebutkan bahwa pembangunan waduk ini harus dilakukan bersama-sama baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi Babel dan Kota Pangkalpinang.

"Waduk Ekaguna sedang proses pemenuhan readiness criteria pengusulan kegiatan. Sharingnya Balai WS Babel Kementerian PUPR akan meriview perencanaan teknis, Provinsi akan menyusun dokumen lingkungan dan Pemkot melaksanakan penyediaan lahan," tuturnya.

Selanjutnya, ia pun mengungkapkan, untuk konstruksi akan diusulkan melalui Balai wilayah sungai Babel ke APBN.

"Mudah-mudahan 2022, jika readiness criteria pembangunan selesai, usulan kegiatan disetujui, konstruksinya bisa dimulai oleh APBN," ujarnya.

Ia menegaskan, waduk itu, selain menjadi sumber air baku, tentu untuk pengendali banjir.

"Karena tempatnya bagus kalau tidak salah luas alokasinya mencapai 32 hektar untuk genanganya saja, lintas lainya bisa jadi taman," katanya.

Kemudian, untuk anggaran yang akan digunakan kurang lebih sebesar Rp 40 miliar dari APBN untuk menyelesaikan pembangunan waduk.

"Karena kota ini akan berkembang, harus ada sumber airnya mulai dari sekarang disiapkan, walaupun mungkin belum terpakai sebagain harus kita save dulu, dan kebutuhan air harus tercukupi untuk mendorong investasi," katanya.

Ia menjelaskan dengan adanya waduk ini, diharapkan bisa mendinginkan suhu udara, sehingga tidak terlalu cepat naik. Kemudian di hulu untuk konservasi pengendalian banjir sehingga air tidak langsung tumpah ke hilir.

"Ini sebagai tempat menampung air hujan, sehingga keluarnya bisa diatur seperti di Kacang Pedang intinya untuk penyedian air baku dan pengendalian banjir,"tegasnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Waduk Ekaguna Diharapkan Bisa Atasi Banjir di Kota Pangkalpinang

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm