Ilustrasi sampah plastik di pantai
Ilustrasi sampah plastik di pantai ( Utopia_88)

Sebaiknya Kita Tidak Melakukan Hal Ini Pada Sampah Plastik !

7 November 2020 14:54 WIB

SonoraBangka.id - Sampah merupakan masalah yang dihadapi hampir seluruh Negara.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun.

Sebagian di antaranya adalah sampah plastik.

Kasus penumpukan sampah, terutama sampah plastik menjadi masalah yang sangat besar karena jenis materialnya yang tidak dapat terurai ke dalam tanah.

Sementara, kantong plastik yang terbuang ke lingkungan sebanyak 10 miliar lembar per tahun atau sebanyak 85.000 ton kantong plastik.

Namun begitu, bukan berarti kita justru mengubur atau membakar sampah agar tidak menumpuk di tempat pembuangan akhir (TPA).

Dian Kusuma Wardhani atau yang akrab disapa Dini, seorang penulis sekaligus pegiat zero waste living, menyarankan kita untuk tetap meminimalisir penggunaan plastik demi mencegah sampah.

Sebab, baik mengubur maupun membakar sampah plastik tidak menjadi jalan keluar untuk menghindari penumpukan sampah plastik itu sendiri.

"Kalau dikubur, sampah plastik itu sulit terurai. Jadi sampai besok kita punya cucu mungkin sampah itu masih ada," jelasnya.

Diungkapkannya, bahwa hanya sampah-sampah organik saja yang bisa dikubur.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm