Ilustrasi mesin mobil. (KompasOtomotif-Donny Apriliananda)
Ilustrasi mesin mobil. (KompasOtomotif-Donny Apriliananda) ( kompas.com)

Bagian-bagian Mesin yang Wajib Diperiksa Saat Tune Up Mobil

7 November 2020 15:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk mobil keluaran terbaru, aktivitas tune up memang sudah jarang terdengar sebab semua sudah serba komputasi. Tapi, bagi mobil era 1990-an, masih era transisi antara teknologi digital dan analog, karenanya masih lazim melakukan tune up.

Tune up merupakan upaya untuk mengembalikan perfoma mesin mobil seperti semula. Dalam melakukan tune up, terdapat beberapa komponen yang diperhatikan atau diperiksa.

Didi Ahadi dari Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM)  mengatakan, pada saat tune up terdapat bagian-bagian mesin yang harus diperiksa serta dibersihkan.

“Tujuannya tune up untuk mengembalikan perfoma mesin mobil seperti semula. Ada beberapa komponen yang diperiksa. Seperti pembersihan saringan udara, throttle, busi dan sebagainya,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (6/11/2020).

1. Karburator

Biasanya pemeriksaan karburator dilakukan oleh mobil non injeksi. Karburator akan dibersihkan, kemudian dilakukan penyetelan putaran mesin RPM mobil.

2. Throttle Body

Pada mobil injeksi, dilakukan pemeriksaan throttle body. Pembersihan throttle body dilakukan menggunakan alat bantu, yakni carbu cleaner.

3. Saringan udara

Filter udara pada mobil akan diperiksa kemudian dibersihkan. Tapi, apabila terlalu kotor maka pemilik kendaraan harus melakukan pergantian pada komponen tersebut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm