Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Bangka Belitung menggelar kegiatan 'Ngopi Coi (Ngobrol Pintar Cara Orang Indonesia)' di Fox Harris Hotel, Pangkalpinang, Senin (9/11/2020).
Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Bangka Belitung menggelar kegiatan 'Ngopi Coi (Ngobrol Pintar Cara Orang Indonesia)' di Fox Harris Hotel, Pangkalpinang, Senin (9/11/2020). ( Sonorabangka.id/ Zulhaidir)

Gelar Ngopi Coi, FKPT Bangka Belitung Bahas Pencegahan Terorisme

9 November 2020 12:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Bangka Belitung menggelar kegiatan 'Ngopi Coi (Ngobrol Pintar Cara Orang Indonesia)' di Fox Harris Hotel Pangkalpinang, Senin (9/11/2020).

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran dan keterlibatan masyarakat dalam upaya pencegahan terorisme di Bangka Belitung.

Kasubdit Pengawasan BNPT, Chairil Anwar mengatakan, kegiatan literasi bersama masayarakat ini digelar untuk memberikan pemahaman tentang bahaya radikalisme dan terorisme.

Ia mengungkapkan, BNPT juga bertugas melakukan pengawasan terhadap informasi, orang, barang, maupun bahan peledak untuk mendeteksi dini dan mencegah upaya terorisme.

Oleh karena itu, dikatanan Anwar perlu adanya sinergi yang kuat antara masyarakat dengan lembaga negera seperti Kepolisian, TNI maupun BNPT untuk menjalankan program pencegahan terorisme ini.

"Entah itu kepolisian, TNI dan BNPT sebagai lembaga negara yang mendapat mandat untuk menjalankan program ini dibutuhkan sinergi yang antara aparatur keamanan dengan masyarakat," kata Chairil Anwar.

Menurutnya, siapa saja bisa menjadi sasaran bahaya terorisme, sehingga peran aparatur kelurahan/ desa maupun media massa di Bangka Belitung menjadi sangat penting untuk dilibatkan.

"Karena bahaya terorisme menyasar tanpa memandang pangkat, jabatan dan status sosial. Dalam konteks ini lah pelibatan aparatur kelurahan dan desa beserta Babinsa, Babinkamtibmas, media massa dan media sosial di Kepulauan Bangka Belitung menjadi sangat vital," tutur Chairil Anwar.

Hadir dalam kegiatan ini Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil, Kasubdit Pengawasan BNPT Chairil Anwar, Kejaksaan Negeri Kota Pangkalpinang, Komandan Kodim 04113 Bangka, Kepala Badan Kesbangpol Kota Pangkalpinang,  para narasumber dan peserta kegiatan. 

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm