Kegiatan Pengembangan, Pelestarian dan Perlindungan Seni dan Budaya Daerah melalui Penguatan Materi Kesenian Tradisional Campak Dalung dan Gelar Seni Kota Pangkalpinang Tahun 2020.
Kegiatan Pengembangan, Pelestarian dan Perlindungan Seni dan Budaya Daerah melalui Penguatan Materi Kesenian Tradisional Campak Dalung dan Gelar Seni Kota Pangkalpinang Tahun 2020. ( Sonorabangka.id/ Zulhaidir)

Suryo Sebut Pangkalpinang Menyimpan Potensi Budaya Multi-Etnis

11 November 2020 11:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Mewakili Pemerintah Kota Pangkalpinang, Asisten Pemkot Pangkalpinang, Suryo menghadiri kegiatan Pengembangan, Pelestarian dan Perlindungan Seni dan Budaya Daerah melalui Penguatan Materi Kesenian Tradisional Campak Dalung dan Gelar Seni Kota Pangkalpinang Tahun 2020.

Kegiatan yang mengusung tema "Satukan Senyum Untuk Negeri" ini digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang di Bangka City Hotel, Pangkalpinang, Rabu (11/11/2020).

Dalam sambutannya, Suryo mengatakan dengan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan motivasi kita dalam upaya menggali,  melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang di dalam kehidupan masyarakat Pangkalpinang.

"Langkah ini perlu dilakukan, agar nilai-nilai budaya positif yang telah diwariskan oleh para leluhur tidak luntur dan sirna oleh pengaruh budaya luar yang negatif, sehingga dapat menyebabkan kita kehilangan jati diri," kata Suryo.

Menurutnya, sikap yang demikian bukan berarti menutup diri pada pergaualan bebas yang dinamis, melainkan sebagai sikap dan rasa tanggung jawab kita selaku pemegang amanah generasi terdahulu untuk diteruskan kepada generasi masa kini dan yang akan datang.

"Sebagai warga Pangkalpinang, kita patut bersyukur, karena dengan kemajemukan penduduknya, membuat daerah ini menyimpan potensi budaya multi-etnis, yang apabila mampu dikemas dengan baik akan menjadi aset yang tak ternilai harganya," jelas Suryo.

Ia menyebut, potensi tersebut perlu dikelola dengan baik, agar dapat membentuk karakter dan pekerti masyarakat yang tangguh, serta dapat menjadi penopang utama dalam mengembangkan industri pariwisata daerah.

"Oleh karena itu, pengkajian, pengembangan dan pengaktualisasian seni budaya yang dimiliki merupakan salah satu metode penangkal yang efektif untuk menjadi filter agar kita tidak kehilangan identitas diri," tutur Suryo.

"Upaya ke arah peningkatan kualitas, inovasi dan kreasi seni budaya akan menjadi solusi yang tepat, guna memberikan nilai bagi pengembangan budaya di masa mendatang," lanjutnya.

Selain itu, Suryo mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian masyarakat dan pemerintah untuk melestarikan serta mengembangkan nilai-nilai budaya dalam rangka memperkuat ketahanan nasional.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm