Ilustrasi
Ilustrasi ( www.kompas.com)

Berikut Ini 3 Cara Tepat Memilih Talenan Sesuai Dengan Kebutuhan

11 November 2020 11:47 WIB

SonoraBangka.id - Alat krusial untuk memasak salah satunya adalah talenan yang berfungsi sebagai alas potong, cincang, atau geprek bumbu. Kegiatan mengolah bahan makanan jadi lebih praktis dengan adanya talenan. Sebaiknya, pilih talenan yang sesuai dengan kebutuhan. Dikutip dari Martha Stewart berikut cara memilih talenan yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

1. Apa bahan terbaik untuk talenan?

Ada tiga faktor utama yang harus dipertimbangkan saat memilih talenan, yakni bahan, luas permukaan, dan ketebalan. Ketiga hal ini akan berdampak tidak hanya pada estetika papan, tetapi juga keawetan talenan.  Salah memilih talenan dapat membuat pisau jadi cepat tumpul sekaligus jadi sarang bakteri. Saat ini, tiga bahan yang paling sering ditemukan adalah kayu, karet, plastik, dan komposit serat kayu. Melansir Michelin, talenan kayu dan papan plastik adalah talenan yang direkomendasikan meski masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Talenan yang terbuat dari kayu biasanya bagus secara estetika, terutama papan serat kayu premium. Tidak hanya terlihat indah, jenis talenan ini permukaan pemotongannya lembut sehingga bisa menjaga pisau tetap tajam lebih lama. Talenan kayu juga awet sampai puluhan tahun, jika dirawat dengan benar. Sisi negatif dari papan kayu, akan berubah tergantung pada lingkungannya.

Kelembapan udara dapat membuat talenan kayu mudah rusak, jika terlalu kering talenan kayu akan terbelah. Makanan berpigmen kuat seperti bit juga dapat dengan mudah menodai talenan kayu dan meninggalkan jejak bau. Talenan kayu juga cenderung lebih mahal ketimbang bahan talenan lain. Sementara itu talenan karet adalah alas potong pilihan di banyak restoran. Meskipun tipis, talenan karet bertektur padat, relatif murah, tahan lama, mudah dibersihkan, dan ringan. Di sisi lain, talenan plastik lebih murah tetapi lebih cepat rusak.  Jika kamu tidak memperdulikan estetika, talenan karet adalah pilihan yang bagus. Karet juga merupakan pilihan terbaik bagi orang-orang yang tinggal di lingkungan yang sangat lembab.

2. Ukuran talenan

Terdapat bentuk dan ukuran talenan. Namun, bentuk persegi panjang cenderung paling praktis. Ukuran standar yang bisa dipilih adalah 30 x 45 cm. Jika ingin yang lebih besar yaitu ukuran 38 x 50 cm atau 60 x 90 cm.  Dalam hal ketebalan, papan karet kelas profesional lebih tipis dan ringan, biasanya memiliki ketebalan 1-2,5 cm. Sementara papan kayu yang dibuat dengan baik harus memiliki ketebalan mulai dari 2,5- 5 cm. 

3. Tak ada salahnya punya dua talenan

Banyak ahli dapur merekomendasikan penggunaan talenan terpisah untuk berbagai jenis makanan sebagai salah satu upaya untuk mengutamakan keamanan pangan. Pisahkan talenan untuk bahan makanan daging dengan talenan untuk sayuran. Semua cara memilih talenan tentunya kembali lagi harus disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Pilih Talenan yang Awet dan Sesuai Kebutuhan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/10/201200875/3-cara-pilih-talenan-yang-awet-dan-sesuai-kebutuhan?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm