Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online ( SHUTTERSTOCK)

Harbolnas 11.11 Tiba, Ini Tipsnya Agar Kamu Tidak Kalap Shopping

11 November 2020 13:53 WIB

SonoraBangka.id - Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) merupakan kegiatan tahunan yang diprakarasai bersama oleh enam e-commerce besar di Indonesia sejak 12 Desember 2012. 

Nah, mungkin Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11.11 adalah salah satu festival belanja online yang sudah kamu tunggu-tunggu.

Memang ada banyak promo menarik dan terbatas yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

Tapi, hati-hati terhadap perilaku belanja impulsif yang mungkin kamu alami ketika sedang berburu promo Harbolnas 11.11.

Sebab, bisa jadi kamu malah menghabiskan uang untuk barang-barang yang tidak perlu.

Nah, supaya tidak kalap saat belanja di Harbolnas 11.11, simak tips belanja berikut:

1. Tanyakan pada diri sendiri alasan kamu berbelanja

Biasanya promo seperti Harbolnas 11.11 terjadi beberapa kali dalam satu tahun.

Di tambah lagi lagi promo-promo di luar momen Harbolnas lainnya yang tak kalah menggiurkan.

Cobalah menanyakan pada diri sendiri tentang dorongan untuk membeli barang baru akan membuatmu mendapatkan jawaban, apakah memang perlu memberi barang tersebut.

"Perasaan yang kita rasakan ketika berbelanja online tampaknya logis, padahal sebenarnya ada reespons emosional di dalamnya," ungkap peneliti perilaku konsumen dari Deakin Business School, DR Paul Harrison, seperti dilansir ABC Life.

Nah, jika kamu pernah berbelanja online sebelumnya, cobalah menuliskan kembali apa saja yang pernah dibeli dalam beberapa bulan terakhir melalui online dalam sebuah jurnal.

Melihat kembali lemari pakaian juga bisa membuatmu berpikir kembali apakah kamu memang membutuhkan pakaian baru atau sekadar menginginkannya karena harganya sedang murah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm