Penghargaan  diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto Kepada Gubernur Kepulauan Babel, Kamis Siang (12/11) dalam puncak perayaan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tahun 2020 di Transmart Cibubur, Depok Jawa Barat.
Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto Kepada Gubernur Kepulauan Babel, Kamis Siang (12/11) dalam puncak perayaan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tahun 2020 di Transmart Cibubur, Depok Jawa Barat. ( Ist / Humas Disperindag Babel)

Pemprov Babel Terima Penghargaan Sebagai Provinsi Terbaik Daerah Peduli Konsumen Tahun 2019

12 November 2020 18:42 WIB

SonoraBangka.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman menerima penghargaan Provinsi Terbaik Daerah Peduli Konsumen Tahun 2019. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto Kepada Gubernur Kepulauan Babel, Kamis Siang (12/11) dalam puncak perayaan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tahun 2020 di Transmart Cibubur, Depok Jawa Barat.

Penghargaan pemerintah daerah provinsi peduli perlindungan konsumen untuk pemerintah Provinsi Babel, sudah yang ketiga kalinya yaitu di tahun 2014, 2018 dan 2019 atas capaiannya program pemerintah daerah terhadap hak-hak dan perlindungan konsumen atas prodak-prodak yang tidak memenuhi standar.

Selain Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ada lima provinsi lainya yang mendapatkan penghargaan yang sama yaitu Provinsi Aceh, Provinsi Sumatra Barat, Provinsi Jawa Timur,Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Sulawesi Tengara. Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 1754 tahun 2019, dimana telah ditetapkan enam provinsi terbaik daerah peduli konsumen.

Usai menyerahkan penghargaan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi konsumen Indonesia yang berdaya dan mencintai produk dalam negeri. Itu dilakukan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat serta penciptaan iklim usaha dan hubungan yang lebih berkeadilan antara pelaku dan konsumen, dalam mewujudkan perekonomian yang berdaya saing menuju Indonesia maju. "selamat dari konsumen tahun 2020 salam konsumen konsumen cerdas konsumen sehat Indonesia maju," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung Drs. Sunardi usai mendampingi Gubernur menjelaskan penghargaan tersebut diberikan atas prestasi pemerintah provinsi Babel dalam menjalankan program program perlindungan konsumen secara berkesinambungan dan berkelanjutan melalui dukungan anggaran.

Selain itu, terus dilakukanya berbagai kegiatan perlindungan konsumen sebagai upaya melindungi konsumen dari produk-produk yang tidak memenuhi standar dan memberikan edukasi kepada konsumen agar dapat memperjuangkan hak-haknya selaku konsumen untuk menjadi konsumen cerdas. Kemudian selalu aktif memberikan pembinaan kepada para pelaku usaha seperti Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat.

Oleh sebab itu dengan terpilihnya Provinsi Kepulauan Babel sebagai Pemerintah Daerah Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen, dirinya berharap masyarakat selaku konsumen lebih memahami tentang perlindungan konsumen dan terus meningkatkan kesadaran untuk melakukan pengaduan ataupun melaporkan pelanggaran yang terjadi terkait dengan barang dan jasa yang beredar yang tidak memenuhi standar, sehingga hak-hak mereka sebagai konsumen dapat terlindungi. Itu bertujuan untuk memotivasi pelaku usaha dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan yang siap menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mampu bersaing di pasar global. Sehingga Konsumen Cerdas dan Pelaku Usaha Tertib dapat terlaksana.
"Harapan itu kosumen tahu dan cerdas, mampu memilah barang dan jasa yang berkualitas dan di masa pademi harus paham tekologi konpesonal kepada digital banyak informasi di sana," katanya.

Ditambahkan Kabid Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Fadjri Djagahitam, SH, bahwa untuk mencerdasakan dan memberikan edukasi kepada masyarakat Babel selaku konsumen, Dinasnya telah menjalankan beberapa program diantaranya diadakannya kegiatan talksow perlidungan konsumen di masa pademi, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat selaku konsumen betapa pentingnya memahami hak-hak konsumen dan untuk meningkatkan kesadaran kepada konsumen untuk melakukan pengaduan ataupun melaporkan apabila terjadi pelanggaran yang terjadi terkait dengan barang dan jasa yang beredar sehingga hak-hak mereka sebagai konsumen dapat terlindungi.

Menurut Kasi Kelembagaan dan Pemberdayaan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Zurista program lainya yaitu Disperindag mendirikan 20 titik Pos Layanan Pengaduan Konsumen (PLPK) yang ditempatkan di sejumlah pasar tradisional maupun moderen di Babel dan menyiapkan layanan pengaduan konsumen untuk masyarakat Babel dengan mengubungi nomor telepon 08117109666 atau bisa langsung datang ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel, Komplek Perkantoran Gubernur Babel dekat Kantor Dinas Penanaman Modal Dan Layanan Terpadu Babel. 

SumberHumas Disperindag Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm