Ilustrasi Pindang Bandeng
Ilustrasi Pindang Bandeng ( cookpad.com)

Berikut Ini 3 Tips Memasak Bandeng Agar Dagingnya Tidak Mudah Hancur

16 November 2020 11:03 WIB

SonoraBangka.id - Ada cara agar daging bandeng tidak mudah hancur ketika dimasak, terutama ketika masak pindang. Karena kulit bandeng yang tipis dan dagingnya lembek sehingga sangat riskan ketika akan memasak bandeng. Alhasil jika terlalu lama dimasak bandeng akan mudah hancur. Berikut tips masak bandeng agar tidak mudah hancur dari Sajian Sedap:

1. Menambahkan ragi

Bandeng harus dimasak dalam waktu yang lebih lama jika ingin bumbu pindang meresap sempurna pada bandeng. Misalnya biasanya dimasak selama setengah jam, tapi bisa jadi satu jam agar bumbu meresap sempurna. Akan tetapi, proses memasak yang lebih lama bisa membuat ikan bandeng rentan hancur. Demi menghindari hal tersebut, kita bisa menambahkan ragi ke dalam masakan. Ragi bisa mencegah daging ikan bandeng hancur karena proses masak yang lebih lama.

2. Menggunakan api kecil

Pastikan menggunakan api kecil selama proses memasak. Penggunaan api kecil akan membuat bumbu semakin meresap. Selain itu, tidak perlu takut daging bandeng akan hancur meski dimasak dalam waktu yang lama.

3. Jangan sering diaduk

Kita tidak perlu mengaduknya terlalu sering karena bumbu pindang akan meresap dengan sendirinya pada bandeng. Justru kalau mengaduk terlalu sering, itu akan membuat daging ikan bandeng jadi hancur karena terkena spatula. Diamkan saja hingga bumbu meresap sempurna dan pindang bandeng pun siap disajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Masak Pindang Bandeng agar Dagingnya Tidak Mudah Hancur", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/12/200700775/cara-masak-pindang-bandeng-agar-dagingnya-tidak-mudah-hancur.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm