Mengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet (KompasOtomotif)
Mengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet (KompasOtomotif) ( kompas.com)

Benarkah Kamper Bisa Meningkatkan Nilai Oktan Bensin?

17 November 2020 20:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktifitas Mengganti jenis bahan bakar minyak ( BBM) dengan oktan yang lebih tinggi memang sering dilakukan oleh para pemilik kendaraan.

Selain mengganti jenis bensin, ternyata ada cara lain yang juga dilakukan oleh sebagian pemilik kendaraan agar oktan bahan bakar bisa naik.

Salah satunya adalah dengan menambahkan bahan lain ke dalam tangki bahan bakar kendaraan.

Hanya saja, kadang bahan yang digunakan sebagai campuran dianggap tidak biasa seperti kamper.

Pengharum lemari pakaian ini dianggap memiliki kandungan zat yang bisa meningkatkan Research Octane Number (RON) bensin.

Sehingga, bila bahan ini dicampurkan pada bahan bakar di dalam tangki maka oktan BBM bisa naik dan menjadikannya lebih sempurna dibandingkan sebelumnya.

Benarkah, kamper bisa meningkatkan oktan bensin? Suparna sebagai Kepala Bengkel Auto 2000 Cilandak mengatakan, untuk memastikan anggapan tersebut perlu dilakukan pembuktian.

Sehingga, sebelum ada yang membuktikan apakah benar ada efek tersendiri pada saat kamper dicampur bensin maka belum bisa dipastikan kebenarannya.

“Harus ada yang benar-benar melakukan pembuktian sehingga tidak menimbulkan efek negatif,” kata Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Suparna justru mengatakan, bahwa pada saat bensin dicampur dengan bahan lain seperti kapur barus bisa saja menyebabkan efek yang tidak baik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm