Ilustrasi memotong semangka.
Ilustrasi memotong semangka. ( SHUTTERSTOCK/ELROI)

Cara Memotong Buah Semangka Berbentuk Segitiga Menyerupai Kipas

18 November 2020 10:54 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu buah yang sering ada pada hidangan prasmanan adalah semangka. Biasanya, jika dilihat, semangka disajikan dalam bentuk potongan segitiga menyerupai kipas. Potongan semangka bentuk kipas terlihat menarik dan rapi. Bagaimana cara potong semangka bentuk kipas tersebut?

Buah tropis satu ini harus dibersihkan terlebih dahulu meski bagian kulit dari semangka tidak akan dimakan  sebelum mulai memotongnya. Dikutip dari Food Network, sebelum dipotong, bilas terlebih dahulu seluruh bagian luar semangka dengan air. Mencuci semangka adalah hal yang sangat penting. Semangka yang tidak dicuci kemudian dipotong dapat menjadi sumber kerusakan buah yang dapat menyebabkan penyakit. Terutama jika semangka potong diletakkan pada suhu ruang

Cara potong semangka kipas

  1. Potong sedikit ujung buah semangka agar dapat ditegakan dengan stabil. Kemudian berdirikan semangka pada sisi rata yang dipotong tersebut. Lalu belah semangka menjadi dua bagian.
  2. Potong setiap bagian semangka menjadi dua bagian lagi. Jadi kamu akan mendapati empat potongan besar semangka.
  3. Terakhir, iris-iris setiap potongan semangka tersebut menjadi potongan tipis setebal 2,5 cm untuk mendapatkan potongan semangka bentuk kipas. Segera sajikan semangka. Jika ingin disimpan, masukkan semangka ke dalam wadah kedap udara dan taruh di dalam lemari es.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Cara Potong Semangka Bentuk Kipas, Sering ada di Hidangan Prasmanan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/18/101546375/cara-potong-semangka-bentuk-kipas-sering-ada-di-hidangan-prasmanan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm