Karet Wiper ( toyotadisamarinda.com)
Karet Wiper ( toyotadisamarinda.com) ( kompas.com)

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Karet Wiper Rusak

19 November 2020 21:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Komponen Karet wiper pada mobil memiliki batas usia pemakaian sebagaimana komponen lainnya. Biasanya, waktu pergantian komponen ini bersamaan dengan perawatan berkala yakni pada periode tertentu.

Tapi seiring penggunaan, tak jarang karet wiper tidak berkerja secara optimal dalam menyeka air sehingga pada akhirnya mengganggu jarak pandang pengendara.

Didi Ahadi dari Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan, hal ini dapat terjadi karena beberapa hal mulai dari tingkat kelenturan atau elastisitas pada karet yang tidak baik imbas terpapar panas dalam waktu lama hingga kotor.

"Maka, sebaiknya dalam satu tahun karet wiper itu harus diganti dua kali. Memang, biasanya saat perawatan berkala di cek oleh teknisi dan jika sudah memang melewati batas usia ditawarkan untuk diganti," kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

"Tapi tak jarang batas usia karet wiper jatuh sebelum perawatan berkala. Jadi, amannya seperti itu. Sebab, kalau karet wiper sudah keras bisa sobek dan membuat blade pada wiper terkena kaca sehingga baret," lanjut Didi.

Ditambahkan Didi, selain karena batas usia beberapa hal yang menyebabkan karet wiper cepat rusak adalah sering memarkirkan mobil di bawah terik matahari. Menurut Didi, ketika parkir di luar ruangan, wiper bisa terkena panas dari kaca.

“Kaca yang terpapar panas bisa mengenai karet wiper dan lama-lama karet akan kehilangan elastisitasnya. Kondisi ini berpengaruh terhadap daya hapus karet wiper menjadi berkurang,” ucap Didi.

Adapun harga karet penyeka kaca ini terbilang cukup terjangkau bila dibandingkan harga kaca yang rusak karena kelalaian pergantian karet.

“Untuk tipe wiper ini ada dua yang menggunakan frame atau blade dan yang tidak menggunakan frame, kedua tipe ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sekarang, paling populer jenis yang pakai frame,” ujar Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Punya Batas Usia, Ini Waktu Ideal Mengganti Karet Wiper Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/17/191100915/punya-batas-usia-ini-waktu-ideal-mengganti-karet-wiper-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm