Ilustrasi tanaman hias di dalam rumah
Ilustrasi tanaman hias di dalam rumah ( www.stylecurator.com.au via property.kompas.com )

Bagaimana Ciri Tanaman Hias Yang Tidak Sehat ? Berikut Penjelasannya

20 November 2020 08:16 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini tanaman hias menjadi salah satu dekorasi rumah yang semakin digemari oelah masyarakat.

Apalagi selama beberapa bulan terakhir masyarakat banyak melakukan aktifitasnya di rumah karena pandemi covid-19.

Kenyataannya, selain menjadi alternatif hobi yang menyenangkan, memelihara tanaman, termasuk tanaman hias, juga bisa membantu menjaga kesehatan mental kita.

Nah, disini penting untuk mengetahui tanda-tanda tanaman hias yang sudah kurang sehat, sehingga kita bisa segera memperbaiki perawatan dan mengantisipasi agar tanaman tidak mati.

Sebab, tak sedikit para newbie alias pemula yang belum mengumpulkan cukup informasi ketika menjalani hobi memelihara tanaman hias, sehingga tanamannya menjadi kurang sehat bahkan mati.

Menurut Menurut kolektor dan penjual tanaman hias yang memiliki kebun di Tamansari, Bogor, Yuzar Ardiansyah, hal pertama yang harus diperiksa adalah akar atau bonggol tanaman.

Seringkali, kata dia, akar sudah dalam kondisi busuk. Menggunakan obat tanaman bisa menjadi solusi berikutnya untuk mengantisipasi masalah lainnya pada akar tanaman hias.

"Rata-rata bonggol dan akar suka busuk, tapi tinggal potong saja," ujarnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sementara itu, kondisi daun yang sudah layu dan menguning juga bisa menjadi tanda lainnya yang menunjukkan bahwa tanaman hias tidak sehat.

Sebaiknya pastikan kamu menyiraminya dengan frekuensi yang tepat, tidak terlalu sering dan tidak terlalu jarang.

"Kalau saya di Bogor siram tanaman 3-4 hari sekali, jadi tunggu media tanam kering baru disiram lagi." "Terlalu lembap juga kurang bagus untuk tanaman," ungkap pria yang menjalankan akun jual tanaman @plantt_story di Instagram itu.

Sebagia penjual tanaman, biasanya merekalah orang yang paling mengetahui media tanam yang digunakan dan perawatan yang paling tepat untuk tanaman tersebut.

Jadi, jangan malu bertanya pada penjual tanamannya untuk mengetahui frekuensi penyiraman yang tepat dan cara perawatan lainnya untuk jenis tanaman yang kamu miliki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Simak, Tips Sederhana Mengenali Tanaman Hias yang Tidak Sehat", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/19/113819020/simak-tips-sederhana-mengenali-tanaman-hias-yang-tidak-sehat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm