Ilustrasi cabai beku supaya lebih awet.
Ilustrasi cabai beku supaya lebih awet. ( SHUTTERSTOCK/ANN HODGSON)

Agar Awet Dan Tak Busuk, Berikut 3 Cara Simpan Cabai Di Kulkas

21 November 2020 10:49 WIB

SonoraBangka.id - Pernah mengalami cabai membusuk, lembek hingga berjamur saat disimpan?  Hal ini disebabkan karena cara menyimpan cabai yang kurang tepat. Butuh disimpan di kulkas dengan cara penyimpanan yang benar jika ingin cabai awet. Ada beberapa cara simpan cabai di kulkas dikutip dari Food NDTV seperti berikut.

1. Simpan dalam plastik ziplock

Simpan cabai dalam kantong ziplock. Buang bagian batang dan bungkus cabai ke dalam kantong ziplock. Letakkan kantong di dalam lemari es dan gunakan cabai jika diperlukan. Dengan cara ini, cabai bisa tetap segar hingga seminggu atau lebih.

2. Simpan dalam wadah kedap udara

Menyimpan cabai di kulkas dalam wadah kedap udara dan tisu dapur di dalamnya dapat mengawetkan cabai setidaknya selama 20-25 hari. Ambil wadah dan letakkan dua lapis tisu dapur secara merata di dalamnya. Buang bagian batang dan pindahkan cabai ke dalam wadah. Tutupi cabai dengan selapis tisu dapur lagi dan tutup wadah kedap udara. Simpan di lemari es dan gunakan sesuai kebutuhan. Tisu dapur akan membantu menyerap kelembapan berlebih dari cabai.

3. Tutup dengan aluminium foil

Cara lain yang mudah untuk meningkatkan umur simpan cabai adalah dengan menutupinya dengan aluminium foil kemudian membekukannya. Letakkan cabai di atas piring dan tutupi seluruh piring dengan aluminium foil. Taruh piring di dalam freezer dan biarkan membeku selama 6-7 jam. Setelah selesai, keluarkan dan simpan cabai beku dalam wadah kedap udara. Tempatkan di dalam lemari es. Dengan cara ini, cabai akan tetap segar hingga 2 bulan. Saat ingin digunakan, cabai beku bisa diparutkan ke dalam masakan, seperti dikutip dari Delish.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Cara Simpan Cabai di Kulkas, Awet Sampai 2 Bulan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/20/080800475/cara-simpan-cabai-di-kulkas-awet-sampai-2-bulan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm